Tujuh Hobi yang Dapat Menghasilkan Uang

Robot bernama Aiko Chihira
Sumber :
  • REUTERS/Issei Kato
VIVA.co.id
Lima Aktivitas yang Bikin Gampang Boros
- Terkadang kita tidak akan menyadari potensi dan peluang yang kita miliki di dalam diri kita, meski pada dasarnya hal itu dapat menjadi sumber penghasilan yang menjanjikan bila dikelola dengan baik dan tepat. Pernahkah terpikirkan bahwa hobi dapat dibisniskan dan menghasilkan pendapatan bagi Anda?

Tips Sukses Bisnis Pencucian Mobil dan Motor
Membangun bisnis yang sesuai dengan hobi merupakan sebuah hal yang menyenangkan dan akan lebih mudah untuk dilakukan, hal ini karena kita akan mengerjakan sesuat yang menarik minat dan memberi kenyamanan tersendiri bagi kita. 

Manfaat dan Risiko Investasi Obligasi
Kenali dan cari peluang bisnis dari hobi Anda, seperti beberapa hobi di bawah ini yang dapat dijadikan ladang bisnis:

1. Menonton film

Menjadi penggemar film dan memiliki beragam koleksi DVD film akan memberi anda peluang bisnis yang dapat menghasilkan uang. Bila Anda benar-benar seorang penggemar berat film, tentunya Anda akan mengoleksi DVD dalam versi asli dan bukan bajakan kan? Ini sangat penting untuk menjamin kualitas DVD dan kelayakannya untuk dibisniskan kembali.

Dapatkan penghasilan dari hobi menonton dengan cara menyewakan koleksi DVD yang Anda miliki, atau juga dapat menjualnya secara online.


2. Travelling

Bagi Anda yang hobi bepergian atau travelling, hobi itu juga dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Membuka sebuah agen perjalanan adalah pilihan tepat yang dapat Anda lakoni, ada banyak sekali peluang bisnis di bidang ini, seperti,  bisnis penjualan tiket online, bisnis dalam jasa tour, dan bahkan penyedia paket-paket wisata dengan destinasi tertentu baik itu di dalam negeri maupun luar negeri.

3. Menulis

Menulis juga akan memberi Anda banyak sekali peluang bisnis, saat Anda menekuninya dengan sungguh-sungguh maka menulis dapat menghasilkan uang tambahan atau bahkan dapat dijadikan sebagai penghasilan utama bagi.

Pesatnya perkembangan dunia informasi digital dan tingginya permintaan informasi secara online memberi anda yang hobi menulis banyak peluang dan kesempatan untuk mengembangkan diri.


Anda dapat dengan mudah menghasilkan uang melalui karya-karya yang anda hasilkan seperti, cerita pendek (cerpen), puisi, bahkan artikel yang dapat dimuat di berbagai media cetak online. Anda bahkan dapat mendapatkan sejumlah royalti bila memiliki kemampuan untuk menulis serta menerbitkan sebuah buku.

4. Fotografi

Memiliki kamera DSLR atau kamera canggih sejenis lainnya adalah hal yang wajib bagi Anda yang memiliki hobi fotografi, bukan? Hobi ini dapat dijadikan sebagai lahan bisnis, terutama bagi Anda yang tidak sekedar hobi saja, namun telah benar-benar menjadi sebuah keahlian yang dapat dibanggakan.

Anda dapat menghasilkan uang dengan cara membuka jasa fotografi serta mengikuti berbagai lomba fotografi yang biasanya menyediakan hadiah dalam jumlah yang tidak sedikit.

5. Desain

Hobi gambar dan desain grafis akan memberi Anda peluang bisnis di bidang penyediaan jasa desain, seperti: desain cetak undangan, poster, cover buku, logo dan yang lainnya. Anda juga dapat menjual jasa anda secara online sehingga peluang untuk mengembangkan bisnis anda semakin besar.


6. Memasak

Memasak juga dapat memberi Anda banyak sekali peluang usaha, memiliki hobi memasak pasti akan sangat menyenangkan bukan? Bagaimana tidak, hampir sebagian besar orang senang makan dan ngemil, hal ini dapat Anda gunakan sebagai sebuah peluang besar dalam memulai bisnis  memasak yang sesuai dengan hobi.

Anda dapat memulainya dengan cara membuka rumah makan, cafe, catering, atau bahkan sebuah restoran.

7. Kerajinan tangan

Bila Anda memiliki hobi dan kesenangan dalam membuat produk kerajinan tangan, Anda dapat mengembangkan hobi tersebut menjadi sebuah usaha yang menghasilkan uang. Hasilkanlah produk kerajinan tangan yang unik dan berkualitas baik agar dapat dipasarkan dengan mudah. 

Ada banyak produk yang bisa dihasilkan seperti, boneka kayu, hiasan dinding dan beragam bentuk souvenir.

Jadi, apa hobi Anda?

Ada banyak sekali pebisnis yang sukses dalam bisnis mereka dengan cara menerapkan dan mengaplikasikan hobi mereka di dalam bisnis yang mereka geluti. Sebut saja pendiri Microsoft, Bill Gates, yang sukses membangun bisnis dari hobi mengutak-atik dan bermain komputer yang selama ini ditekuninya. 

Jadi, tidak selamanya hobi itu hanya membuang-buang uang saja. Di tangan para orang kreatif, hal itu bisa menjadi ladang uang yang menguntungkan. Jadi, hobi Anda apa?



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya