Proyek Kereta Cepat Belum Kantongi Izin Pembangunan

Direktur Utama Kereta Cepat, Hanggoro Budi Wiryawan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim
VIVA.co.id
Soal Kereta Cepat, Menhub Budi Tak Mau Gegabah
- Direktur PT Kereta Cepat Indonesia China, Hanggoro Budi Wiryawan mengakui pihaknya belum mengantongi izin pembangunan atau konstruksi, yang dikeluarkan  Kementerian Perhubungan. Diutarakan dia, perizinan sedang dalam proses.

Tahun Ini Pondasi Kereta Cepat Selesai 15 Persen

"(Izin pembangunan) sudah proses, tinggal sentuhan akhir, sudah dilakukan pembahasan, tapi tadi malam, yang desain teknik minta didetailkan lagi, untuk detail jembatan dan terowongan," ujar Hanggoro di lokasi proyek peletakan batu pertama atau
'Proyek Kereta Cepat, Menteri BUMN Jangan Jebak Jokowi'
groundbreaking kereta cepat, Bandung, Kamis 21 Januari 2016.  ‎‎


Ia menyampaikan izin yang sudah didapat di antaranya izin trase dari Kementerian Perhubungan, izin lingkungan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, izin penggunaan jalan tol dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, izin penggunaan lahan di Halim dari Kementerian Pertahanan dan izin penggunaan hutan produksi dari Gubernur Jawa Barat.


Sementara itu, Menteri Koordinator ‎Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengingatkan semua proses perizinan harus segera diselesaikan‎.


"Niat sebetulnya kan memang untuk transportasi, ‎tapi izin juga harus selesai. Kalau sampai dengan Amdal (analisis dampak lingkungan), tadi izinnya sudah. Tetapi ‎karena semula tidak ada di tata ruang, ini yang ditunggu ada, ini juga harus diselesaikan,‎" kata dia. ‎


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya