Paket Ekonom IX, Bulog Bakal Lebih Fleksibel

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Jokowi Sibuk, Paket Kebijakan XIII Keluar Pekan Depan
- Pemerintah akan mengumumkan paket kebijakan ekonomi tahap sembilan. Salah satunya, mengenai perluasan peran Badan Urusan Logistik (Bulog) dalam rangka melakukan stabilisasi harga pangan.

Banyak Pengusaha di Daerah Tak Tahu Paket Kebijakan Jokowi
Peran Bulog kini akan diatur bahwa tidak hanya penyangga komoditas beras ketika harganya bergejolak, tetapi juga akan menjadi penyanggah produk-produk lainnya. Ini juga menjadi pembahasan rapat kabinet terbatas hari ini.

DPR Desak Pemerintah Intervensi Harga Bahan Pokok
"Kalau nanti Presiden memberikan arahan untuk bisa disampaikan, ini akan menjadi bagian paket kebijakan yang kesembilan," jelas Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kantornya, Rabu 27 Januari 2016.

Menurutnya, Presiden juga mengarahkan beberapa hal lain untuk lebih mempermudah dunia usaha di Indonesia. 
 
"Jadi, paket kebijakan yang sembilan itu, selain listrik, masalah Bulog, juga masalah pelayanan satu pintu di kepabeanan, dan sebagainya dan sebagainya," lanjut Pramono.

Namun untuk teknisnya, kata dia, akan diumumkan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution setelah disetujui oleh Jokowi.

Lebih lanjut, kata dia, sebenarnya paket selanjutnya sudah dibahas berulang kali. Hanya memang, belum dipublikasikan untuk menjadi kebijakan.

"Mudah-mudahan (hari ini diumumkan). Feeling saya begitu," katanya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya