Dua Perusahaan Malaysia Siap Danai Startup RI

Menulis di laptop.
Sumber :
  • securedgenetworks.com

VIVA.co.id - Dua perusahaan modal ventura asal Malaysia, siap masuk ke Indonesia, untuk membiayai perusahaan startup. Mereka adalah Malaysia Venture Capital Management Berhad (Mavcap) dan Gobi Partners.

Enam Startup Indonesia Kembali Berguru ke Markas Google
Deputi Pengendalian Penanaman Investasi Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Azhar Lubis, saat ditemui, usai acara "Indonesia-Malaysia, Building The Digital ASEAN Economic Community" di JW Marriot Hotel, Jakarta, Selasa malam, 23 Februari 2016.
 
Startup Indonesia Gembira Bisa 'Naik Haji' ke Silicon Valley
"Nanti mereka bisa juga (masuk) sebagai pemegang saham," kata Azhar.
 
Bank Mandiri Jadi Penyalur Investasi Asing ke Daerah
Sayangnya, Azhar tidak mengetahui berapa total investasi yang akan ditanamkan oleh Mavcap dan Gobi untuk membiayai perusahaan startup di Indonesia.
 
Menurutnya, dana yang akan dikucurkan dua perusahaan ini bergantung kepada perusahaan yang akan mereka biayai. Mavcap dan Gobi dikatakan, membidik usaha kecil menengah (UKM) yang bergerak di bisnis IT atau digital economy.
 
"(Mereka) lebih ke startup company," kata dia.
 
Selain itu, Azhar mengatakan, keberadaan perusahaan modal ventura ini diperlukan untuk mengembangkan pelaku usaha startup. Mereka bisa mudah mengakses pembiayaan dari perusahaan modal ventura.
 
"Untuk UKM yang mau berkembang, kalau (pinjam) ke bank susah karena di bank ada agunan. Tetapi, startup ini tidak perlu agunan, tetapi pikiran," kata dia. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya