Menteri Rini Persiapkan Pertagas Dilebur ke PGN

Petugas PGN
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Rencana Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meleburkan PT Perusahaan Gas Negara Tbk, ke dalam tubuh PT Pertamina, terus digodok sampai saat ini. Berbagai opsi dilakukan, agar sinergi dua BUMN ini mampu memperkuat pembangunan infrastruktur gas nasional.

X-Trail Baru Dijual Rp370 Jutaan, dan Perusahaan Amerika Mau Investasi

Menteri BUMN Rini Soemarno, Senin 9 Mei 2016, mengaku tengah mempertimbangkan anak usaha PT Pertamina, PT Pertagas untuk ikut masuk ke dalam PT PGN , demi memperkuat bisnis perusahaan tersebut. Skema yang akan dijalankan, yakni inbreng.

Nantinya, saham pemerintah yang berada di PT PGN akan diserahkan seluruhnya kepada PT Pertamina. Namun, hal ini tetap bergantung pada hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PT Pertamina.

Ahok: Kalau Saya Dirut Pertamina, Kadrun Demo Mau Bikin Gaduh

"Kalau sudah selesai, harapannya Pertamina bisa memiliki PT PGN. Tetapi, kemudian usaha gas dari Pertamina (PT Pertagas) akan dimasukkan ke PT PGN. Nanti inbreng (transaksi pemasukan)," kata Rini.

Adapun proses finalisasi mengenai rencana holding BUMN energi tersebut, melalui lintas kementerian terkait, yang saat ini yang sudah rampung. Namun, mekanisme pembentukan holding itu masih akan menemui proses panjang sebelum benar-benar diterapkan.

Pedagang BBM Eceran Kini Punya Pesaing Berat

"Kajian di Kementerian Keuangan sudah selesai. Masih ada lima proses lagi. Semoga dalam waktu dekat bisa selesai," tutur dia. (asp)

Gedung Pertamina Pusat

Dalam Tiga Bulan, Serapan Produk UMKM di Pertamina Capai Rp3,5 Miliar

Pertamina tetap komitmen untuk menyerap produk-produk para pelaku UMKM khuususnya dari para mitra binaan.

img_title
VIVA.co.id
10 November 2020