Harga Daging Meroket, DPR Panggil Menteri Pertanian

Pembeli Daging Sapi di Pasar BSD
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Menjelang Ramadan Juni mendatang, harga daging sapi terus merangkak naik. Kenaikan harga daging yang tinggi ini membuat Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Daniel Johan, penasaran. Sebab, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan stok daging saat ini aman.

Instruksi Presiden Tak Mempan Tekan Harga Daging Sapi

"Sesuai penjelasan menteri pertanian aman, makanya harus segera dicek," kata Daniel saat dihubungi, Sabtu, 21 Mei 2016.

Perbedaan antara laporan menteri dan kondisi di lapangan ini, membuat Komisi IV memutuskan untuk mengklarifikasi langsung masalah ini, dengan memanggil Menteri Amran. "Minggu depan kami jadwalkan," ucapnya,

PD Dharma Jaya Sediakan Stok 2,5 Ton Daging di Operasi Pasar

Politisi PKB ini meminta pemerintah segera memastikan jumlah stok yang ada dan mendistribusikannya segera ke pasar. "Lalu hitung mundur, kalau kurang segera oper pasar," katanya.

Hal ini penting untuk menjaga stabilitas harga, karena kenaikan harga daging akan berdampak pada masyarakat dan banyak sektor lainnya.

Daging Sapi Mahal karena Peternak Kurang Diperhatikan

Sebelumnya, harga daging yang tak kunjung turun dari Rp110 ribu per kilogram membuat resah para pedagang daging. Alfan (37) salah satu pedagang di Pasar SS Klender, Jakarta Timur, mengatakan harga tersebut sudah bertahan selama empat bulan terakhir, dari yang sebelumnya Rp90 ribu per kilogram.

"Konsumen pada komplain, pada ngeluh harganya kemahalan," kata Alfan di Pasar Klender, Jakarta, Jumat 20 Mei 2016.

Akibat harga yang cukup tinggi itu, dia melanjutkan, penjualan pun menjadi berkurang. "Biasanya bisa habis 50 kilogram, sekarang jadi 30 kilogram," kata dia. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya