Layani Pemudik, Bandara Soeta Tambah 200 Extra Flight

Loket check-in di Terminal 3 Ultimate, Bandara Internasional Soekarno Hatta.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fanny Octavianus

VIVA.co.id – PT Angkasa Pura II (Persero) memperkirakan akan terjadi lonjakan hingga delapan persen, atau 4,69 juta penumpang pada masa angkutan Lebaran 2016 di 13 bandara yang dikelolanya.

Suara Cantik di Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta

Khusus di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, pergerakan penumpang diprediksi dapat mencapai 2,78 juta penumpang, atau naik 3,2 persen dengan arus puncak mudik pada H-5 hingga H-3, serta arus puncak balik pada H+5, H+9, dan H+10.

Adapun terpantau dari tren pemesanan tiket penerbangan, jumlah penumpang pesawat sudah mulai meningkat sejak 29 Juni 2016, atau H-9.

Menhub: Terminal 3 Sama Baiknya dengan Bandara Singapura

Terkait dengan angkutan Lebaran tersebut, maka di Bandara Internasional Soekarno-Hatta memperkirakan maskapai juga akan melakukan penambahan hingga 200 extra flight di rute-rute padat.

“Terminal 3 Ultimate akan mulai beroperasi untuk melayani penumpang, atau pemudik yang menggunakan maskapai Garuda Indonesia untuk penerbangan rute domestik dan internasional. Beroperasinya terminal baru ini akan mengurai kepadatan di terminal lainnya, sehingga berujung pada peningkatan pelayanan kepada seluruh penumpang pesawat,” kata Presiden Direktur PT AP II, Budi Karya Sumadi, dalam keterangan tertulisnya, Kamis 9 Juni 2016.

Menhub: Terminal 3 Internasional Dukung Kemandirian Ekonomi

Ia mengatakan, akan berkoordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan di Bandara Internasional Soeta, guna memastikan berbagai pelayanan tetap terjaga di masa angkutan Lebaran. “Untuk angkutan transportasi darat, akan ada penambahan armada taksi dan bus serta penerapan sistem first in, first out, atau FIFO guna memperlancar antrian taksi,” ujarnya. 

Demi peningkatan pelayanan, AP II juga akan menambah kursi tunggu dan memperlebar area musala di terminal eksisting, lalu mengoptimalkan lounge umroh sebagai area holding, dan mengadakan pembagian takjil gratis selama bulan Ramadan. Sementara itu, untuk memastikan keamanan di bandara, personel aviation security juga akan didukung oleh TNI dan Polri.

Adapun guna memastikan pelayanan dan keamanan penumpang pesawat, AP II dan pemangku kepentingan di bandara juga mendirikan posko Lebaran di setiap bandara di bawah pengelolaan perusahaan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya