Sekali Bayar, Tol Jakarta-Palimanan Dipatok Rp109.500

Gerbang tol Palimanan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Pengintegrasian pembayaran jalan tol Trans Jawa akan diberlakukan uji coba perdananya pada hari ini, Senin, 13 Juni 2016. 

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Sistem integrasi ini diberlakukan guna mengantisipasi lonjakan volume kendaraan pada saat arus mudik Lebaran tahun ini. 

Pengintegrasian ini dilakukan berdasarkan Surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) No.UM.01.11-P/08 tanggal 16 Februari 2016 dan No. PW.01.01-P/11 tanggal 13 Mei 2016. 

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, mengatakan bahwa sejatinya uji coba yang dimulai pada 13 Juni 2016 ini, tidak akan dibatasi waktu. 

Proses integrasi ini diharapkan akan mampu mengurai antrean saat libur Lebaran. 

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

"Uji coba tidak dibatasi waktu, apabila ada yang kurang akan dilakukan evaluasi," kata Herry, dalam keterangannya, di Palimanan, Senin, 13 Juni 2016.

Dijelaskan bahwa pengendara hanya perlu melakukan transaksi pembayaran di gerbang tol tujuan, sehingga di empat gerbang tol dalam dua cluster, transaksi akan dihapuskan. 

Gerbang tersebut di antaranya gerbang Tol Cikopo, gerbang Tol Plumbon, gerbang Tol Ciperna, dan gerbang Tol Mertapada.

Sementara itu, bagaimana dengan tarif tol yang akan diberlakukan?

Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto, mengungkapkan bahwa tarif pembayaran tol yang diberlakukan adalah seperti tarif sebelumnya. 

Untuk golongan I dari Jakarta-Palimanan dipatok Rp109.500 yang merupakan akumulasi dari pembayaran gerbang tol sebelumnya.

"Dengan rincian Jakarta-Cikampek Rp13.500 dan Cikampek-Palimanan Rp96 ribu," kata dia. 

Untuk diketahui, sistem transaksi akan dibagi menjadi dua cluster, yaitu cluster I meliputi jalan tol Jakarta-Cikampek (Jasa Masa), jalan tol Cikopo-Palimanan (Lintas Marga Sedaya), kemudian jalan tol Cipularang (Jasa Marga), jalan tol Padaleunyi (Jasa Marga). 

Sementara itu, untuk integrasi cluster II meliputi jalan tol Palimanan-Kanci (Jasa Marga), jalan tol Kanci-Pejagan (Semesa Marga Raya) dan jalan tol Pejagan-Pemalang. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya