Tarif Tol Palimanan-Brebes Timur Dipatok Rp55.500

Gerbang Tol Brebes Timur
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berupaya mengintegrasikan pembayaran jalan tol, demi mengurangi kepadatan saat arus mudik Lebaran. 

Mulai Operasi, Jalan Tol Cimanggis-Cibitung Gratis Dua Pekan

Pengoperasian pembayaran integrasi akan dibagi menjadi dua kelompok atau cluster, yakni cluster I meliputi jalan tol Jakarta-Cikampek, Cikopo-Palimanan, lalu ke arah selatan, yakni jalan tol Cipularang dan jalan tol Padaleunyi. 

Untuk integrasi cluster II, meliputi jalan tol Palimanan-Kanci, Kanci-Pejagan, dan Pejagan-Pemalang (yang saat ini baru bisa dilewati hingga gerbang tol Brebes Timur).

Mengintip Empat Ruas Tol yang Bakal Dijual Waskita pada 2020

Direktur Operasi Waskita Toll Road, selaku pengelola tol Pejagan-Brebes Timur, Muhammad Sadali, mengatakan jika pembayaran tol diintegrasikan dari Palimanan hingga Brebes Timur, maka pengguna membayar Rp55.500. 

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari pembayaran tiga ruas tol yang dipangkas menjadi satu gerbang tol.  

Bikin Tugu Mirip Lambang PKI di Madiun, Begini Penjelasan Jasa Marga

"Jadi tarifnya dari Palimanan-Kanci Rp11.500, Kanci-Pejagan sebesar Rp24 ribu, Pejagan-Brebes Timur Rp20 ribu, totalnya Rp55.500, bayarnya nanti di sini (Brebes Timur)," kata Sadali, di gerbang tol Brebes Timur, Brebes, Senin, 13 Juni 2016. 

Dia menjelaskan, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam mengantisipasi kemacetan di jalan tol. Diprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-3.

"Kami persiapan puncak kepadatan itu mulai H-10, dan diprediksi puncaknya di H-3," kata Sadali. 

Sementara itu, Direktur Utama Waskita Toll Road, Herwidiakto, mengatakan pihaknya akan terus mendorong pengguna menggunakan e-money. Sebab, kata dia, tarif yang merupakan ketetapan pemerintah dipatok pada angka ganjil.

Menurutnya, e-payment bisa menjadi andalan, yang mana saat ini sudah dijalin kerja sama dengan tiga bank, yakni Bank Mandiri, BRI, dan BNI.

"Kalau BCA, waktu kami tawari dia belum merespons, tapi nanti dia akan menyusul. Jadi karena memang ganjil, saya berharap bisa pakai e-money semua, supaya lebih cepat," kata Herwidiakto.

Dia menambahkan, tol Pejagan-Brebes Timur nanti akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo. Ditargetkan dalam minggu ini akan segera diresmikan. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya