Referensi Karyawan Jadi Sumber Utama Lowongan Kerja

Pencari kerja berdesak-desakan di acara lowongan kerja
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Survei Jobplanet menemukan bahwa kebanyakan pencari kerja di Indonesia, mengandalkan informasi langsung dari karyawan perusahaan dan iklan sebagai sumber referensi lowongan kerja mereka.

Survei BRI: Kepercayaan UMKM Terhadap Pemerintah Makin Tinggi

Survei yang dilakukan oleh platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar kerja ini melibatkan 31.500 orang responden, yang menggunakan Jobplanet. Survei dilakukan pada Januari hingga Mei 2016.

Dikutip dari siaran persnya, Kamis 16 Juni 2016, sebanyak 30,33 persen respondan Jobplanet mengandalkan informasi langsung dari karyawan perusahaan sebagai sumber referensi.  Selain itu, sekitar 24,94 persen para pencari kerja juga memanfaatkan iklan lowongan kerja, situs web perusahaan (13,06 persen), pusat pengembangan karier di kampus atau universitas (10,55 persen), serta informasi dari headhunter (2,50 persen) sebagai referensi mereka.

Survei: Hampir Seluruh Perusahaan Terdampak Pandemi COVID-19

Sementara itu, sebanyak 18,62 persen responden sisanya mengaku mendapatkan informasi lowongan kerja dari berbagai sumber lain, termasuk beasiswa dengan ikatan kerja dan jaringan pertemanan mereka.

“Hanya 2,50 persen responden yang mendapatkan informasi lowongan kerja dari headhunter. Hal itu dapat dimaklumi, karena target headhunter pada umumnya adalah para profesional yang memiliki pengalaman dan kompetensi khusus untuk menempati posisi manajerial, atau posisi yang lebih tinggi di perusahaan,” ujar Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius.

Penjualan Properti Residensial Masih Lemah, Harga Tumbuh Terbatas

Melihat adanya kebutuhan dari para pencari kerja untuk mendapatkan informasi lengkap tentang dunia kerja dan perusahaan, serta adanya kebutuhan perusahaan untuk menemukan sumber daya yang berkualitas, maka Jobplanet pun melengkapi layanannya dengan fitur Lowongan Kerja.

“Dengan adanya fitur Lowongan Kerja, kami berharap Jobplanet.com dapat menjadi one stop career portal bagi para pencari kerja, di mana mereka dapat menemukan kesempatan kerja sekaligus mendapatkan informasi berharga mengenai perusahaan dan dunia kerja,” kata Kemas.

Sebaliknya, departemen human resource development perusahaan juga dapat memanfaatkan fitur ini untuk menemukan kandidat terbaik, serta serius dan benar-benar tertarik untuk bekerja di perusahaan mereka.

Sebagai informasi, sebelumnya Jobplanet telah menampilkan informasi seputar perusahaan, yang meliputi review tentang perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara.

Semua informasi tersebut, berasal langsung dari para karyawan dan mantan karyawan perusahaan, dan telah melalui tahap evaluasi dan pengecekan terlebih dahulu sebelum ditampilkan di Jobplanet.com.

"Dengan adanya fitur-fitur tersebut, Jobplanet ingin membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan dan perusahaan idaman mereka, serta mengembangkan karier mereka. Di sisi lain, Jobplanet juga berharap dapat membantu perusahaan dalam mengukur kualitas dan tingkat kepuasan karyawan mereka," kata Jobplanet. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya