Jelang Lebaran, Transaksi PT Pegadaian Mencapai Rp10,47 T

Kantor Pusat Pegadaian
Sumber :

VIVA.co.id – Manajer Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian, Basuki Tri Andayani, menyebutkan transaksi gadai di kalangan masyarakat diprediksi akan terus alami peningkatan selama bulan Ramadan hingga Juli, dimana periode ajaran baru sekolah.

Sinergi BRI - Pegadaian, Luncurkan Kartu Kredit Berbasis Tabungan Emas

"Peningkatan transaksi ini akan terus terjadi sampai bulan ajaran baru, Juli," katanya kepada VIVA.co.id di kantor Pegadaian, Jakarta Pusat pada Rabu, 22 Juni 2016.

Berdasarkan data yang ada, dia mengatakan peningkatan transaksi sudah mulai terjadi pada Mei yang mengalami peningkatan delapan persen atau senilai Rp770 miliar. Selama bulan Mei Pegadaian menyalurkan dana sebesar Rp10,47 triliun, naik dari periode April yang mencapai Rp9,7 triliun. 

Ada Emas 7,1 Ton di Kantor Pegadaian Ini

Sementara untuk transaksi selama bulan Juni, Basuki, belum bisa mengungkapkan nominal transaksi karena masih dalam pencatatan. "Akhir bulan Juni baru bisa keluar datanya. Saat ini nominal peningkatan belum tahu, belum dihitung," tuturnya.

Menurutnya, peningkatan tersebut biasa terjadi untuk menyambut bulan Ramadan, terutama untuk modal usaha Ramadan. "Maraknya usaha yang bermunculan di sepanjang bulan Ramadhan  yang mendongkrak omzet Pegadaian," ucapnya.

BRI dan Pegadaian Terbitkan Kartu Emas, Bisa Buat Tarik Tunai

Dia juga mengatakan selain karena momen Ramadan, transaksi pegadaian meningkat karena menjelang tahun ajaran baru.

"Dari Mei sampai beberapa bulan, sepanjang ini ada beberapa momentum yang membuat peningkatan transaksi terjadi. Menyambut Ramadan, menyambut lebaran, hingga nanti Juli bulan ajaran baru," ungkapnya.

Menanggulangi peningkatan transaksi ini, ia mengatakan, PT Pegadaian telah bekerjasama dengan Bank BJB per 2 Juni 2016 untuk mendapatkan dana segar. Sebesar Rp750 miliar dana suntikan diperoleh Pegadaian untuk menanggulangi peningkatan yang akan terus terjadi hingga Juli.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya