Mau Karpet Ideal untuk Ruang Makan, Ini Cara Ukurnya

Ilustrasi ruang makan
Sumber :
  • rumahku.com

VIVA.co.id – Ruang makan bagi kebanyakan orang adalah salah satu ruang yang istimewa di rumah. Suasana ruang makan yang nyaman dapat berdampak pada harmonisnya hubungan antar anggota keluarga. Ruang makan yang didesain dalam nuansa romantis juga dapat mempererat hubungan sepasang kekasih. 

Tips Membangun Suasana Ruang Keluarga yang Nyaman

Ruang makan memiliki fungsi cukup vital dalam sebuah rumah. Namun sayangnya, saat mendekorasi kadang kita lupa untuk “menyentuh” bagian lantainya. Seperti halnya menghadirkan karpet di area meja makan. 

Percaya atau tidak, ukuran karpet yang ideal akan membuat ruang makan Anda terasa lebih formal atau kasual. Jadi bagaimana cara menentukan ukuran karpet yang ideal untuk ruang makan Anda?

Memilih Furnitur untuk Ruang Sempit

1. Ketahui ukuran ruang makan Anda

Dengan mengetahui ukuran ruang makan Anda, maka Anda dapat dengan mudah menentukan ukuran karpet yang akan digunakan. Pada ruang makan yang cukup besar, Anda bisa menggunakan dua karpet. Lalu, untuk ruangan agak kecil, gunakanlah satu karpet yang berukuran agak besar dengan ukuran lebih luas dari meja makan Anda namun tidak melebihi ukuran ruangan. 

Tips Ciptakan Ruang Keluarga Nyaman Dalam Rumah

Selanjutnya, ukuran dan bentuk karpet baiknya mengikuti bentuk dan ukuran meja makan. Sebab, seperti kita ketahui, meja makan memiliki banyak variasi bentuk dan ukuran. 

2. Ketahui definisi ruang Anda

Mengetahui definisi ruang Anda sangat penting, seperti terletak di ruang terbuka atau di ruang yang berbagi dengan ruang dapur. Keberadaan serta ukuran karpet akan mendefinisikan ruang makan yang Anda tempatkan di ruang terbuka.

Begitu pun di ruang berbagi, keberadaan karpet akan menegaskan antara wilayah ruang makan dengan wilayah dapur, sehingga gunakanlah warna yang tepat, agar definisi pembagian antar ruang semakin jelas. 

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya