Sifat Ini Bisa Bikin Orang Susah Kaya

Ilustrasi orang kaya.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Pernahkah Anda merasa selalu kekurangan atau terbatas dalam hal apa pun, baik itu uang, waktu, maupun energi? Bila demikian, cobalah untuk menghilangkan rasa selalu berkekurangan tersebut. 

Marshanda Blak-blakan Ngaku Kesulitan Keuangan Hingga Ngutang untuk Pengobatan

Sebab, sifat yang satu ini ternyata bisa menghalangi jalan Anda menuju kesuksesan. Sifat satu ini sering diidentikkan dengan orang yang pesimistis dan selalu yakin bahwa sumber daya untuk melakukan sesuatu selalu terbatas. 

Selalu membandingkan diri dengan orang lain 

Sempat Kesulitan Ekonomi, Jeje Slebew Blak-blakan Soal Keuangannya

Mentalitas orang-orang yang memiliki sifat satu ini cukup beragam. Contohnya ketika melihat teman yang memiliki banyak uang, orang dengan mentalitas seperti ini selalu berpikiran negatif karena dia tidak memiliki uang tersebut atau punya, namun tidak sebanyak itu. 

Contoh yang lain adalah ketika menghadapi persoalan yang berat dalam hidup, orang dengan mentalitas merasa serba terbatas akan melihat orang lain dan bertanya mengapa mereka punya seluruh kebahagiaan serta stabilitas, sedangkan dia terus berjuang menghadapi banyaknya persoalan. 

Jessica Iskandar Alami Masalah Keuangan, Begini Reaksi Nia Ramadhani

Contoh terakhir, orang dengan sifat merasa selalu kekurangan melihat hal-hal baik tidak akan berlangsung selamanya. Oleh karenanya, dia akan selalu merasa ketakutan dan menunggu kapan nasib buruk akan datang dan merusak segalanya. 

Baca juga: Ini 4 Tanda Kamu Butuh Kartu Kredit Baru

Bagaimana mentalitas ini membuat orang susah kaya? Ada banyak cara yang membuat orang dengan mentalitas satu ini susah kaya. Pertama, ketakutan mereka akan munculnya nasib buruk atau kesialan menahan mereka mengejar peluang yang bisa membuat mereka kaya. 

Misalnya, ketika ada peluang bisnis yang baik, orang dengan mentalitas ini cenderung pesimistis dan khawatir bahwa orang lain sudah memikirkan hal yang sama, atau tidak akan ada cukup modal untuk membiayai idenya dan hal-hal lain.

Takut bertaruh

Mentalitas ini juga membuat orang tidak berani bertaruh. Mereka hanya memilih jalur yang aman. Saat kuliah mereka akan memilih jurusan yang punya banyak lapangan pekerjaan, namun bergaji kecil, atau merilis produk dengan harga yang sangat murah karena takut pasar akan menganggap produknya terlalu mahal dan tidak seorang pun akan membelinya. 

Baca juga: 7 Tanda Kamu Selingkuh Secara Finansial dari Pasangan

Bagaimana menghilangkan mentalitas ini? Obat paling mujarab untuk menyembuhkan mentalitas ini adalah perasaan aman. Sebab, ketika merasa aman, Anda akan melihat segala hal berjalan baik, sehingga membuat lebih berani untuk mempertaruhkan sesuatu. 

Ketika tahu bahwa akan selalu ada cukup uang untuk membiayai kebutuhan hidup, ada banyak kebaikan kebaikan dalam hidup, perasaan tenteram ini akan membuat berani mengambil sedikit risiko yang memandu menuju kekayaan. Cobalah untuk meyakini hal ini terus menerus, sehingga Anda akan mulai hidup dengan perasaan tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya