Tiga Langkah Strategis Dorong UMKM di Forum Ekonomi Islam

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyampaikan bahwa pihaknya memiliki strategi tersendiri dalam menciptakan desentralisasi pertumbuhan dan perkembangan ekonomi Islam masa mendatang yang berfokus pada Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

Agar RI Bisa Jadi Pusat Ekonomi Islam Dunia, Begini Caranya

Sri mengatakan, ada tiga langkah strategis untuk mencapai tujuan tersebut. Yaitu, pertama, adalah menekankan pentingnya kerja sama pemerintah dan sektor usaha.

Ia berharap, desentralisasi pertumbuhan akan berpihak kepada UMKM dan menjadi pendorong pertumbuhan ekonomi.

Jokowi Ingin Nasabah Bank Wakaf dari Penjual Gorengan

"Kita harus menekankan pentingnya kerja sama para pemimpin-pemimpin negara sebagai pembuat kebijakan untuk bersama-sama mendiskusikannya dengan pengusaha UMKM dan usaha-usaha yang baru berdiri," kata Sri di acara Forum Ekonomi Islam Dunia (WIEF) dengan tema 'Desentralisasi Perumbuhan dan Memberdayakan Bisnis Masa Depan' di JCC, Senayan, Jakarta, Selasa 2 Agustus 2016. 

Sri melanjutkan yang kedua, adalah bagaimana adanya saling bertukar budaya dan fashion untuk mendorong anak muda mau untuk mulai berusaha. Tentunya, hal itu harus didukung dengan inovasi yang juga akan mengurangi pembiayaan. 

Jokowi dan Perekonomian Umat Islam nasional

"WIEF ini bisa menjadi bukti lahirnya gagasan baru dan bisa jadi konsep yang layak sehingga bisnis start up bisa jadi langkah utama investor," kata dia. 

Selanjutnya, yang ketiga, adalah membuat semua konsep tersebut menjadi nyata melalui sebuah diskusi yang bermanfaat seperti WIEF ini. Sehingga, lanjut dia, para pengusaha dapat untuk saling bertatap muka secara langsung dengan mitra negara-negara lainnya. 

"Agar bertemu untuk saling bernegosiasi, supaya diperdayakan yang nantinya berkontribusi nyata pada ekonomi. Saya ucapkan terima kasih kepada semua delegasi yang berpartisipasi dalam WIEF ini," ucap dia. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya