Menkeu Sri Mulyani Bakal Pangkas APBN

Sri Mulyani Diperiksa Bareskrim Polri
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution memastikan, pemerintah saat ini tengah mengkaji adanya opsi penyesuaian pos penerimaan maupun belanja yang telah ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2016.

"Nanti sore kami mau sidang kabinet untuk membahas di antaranya itu," ujar Darmin saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu, 3 Agustus 2016.

Darmin mengatakan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati sudah pasti akan menyisir terlebih dahulu kas keuangan negara, untuk menentukan berapa besaran anggaran yang memang nantinya harus dipangkas.

"Biarkanlah dia (Sri Mulyani) menyisir dulu, baru nanti dilihat. Tapi seperti apa action yang akan diambil, perlu ada di sidang kabinet ini," katanya menambahkan.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan, Mardiasmo, membenarkan adanya rencana untuk menghitung kembali kas keuangan negara. Salah satu opsi, adalah pos belanja transfer daerah dalam APBN- P 2016.

"Seperti DAU (dana alokasi umum), itu akan kami lihat. Kami akan efisiensi semua, baik belanja K/L (kementerian/lembaga), maupun pemerintah daerah," ujarnya.

Mardiasmo memastikan, pemangkasan anggaran ini tidak akan menyasar sektor-sektor produktif seperti pendidikan, kesehatan, atau bahkan belanja infrastruktur pemerintah. Sasarannya, kembali mengefisiensikan belanja modal.

"Seperti perjalanan dinas. Seperti itu yang akan kami sisir, supaya bisa jadi penghematan," kata dia.

Sri Mulyani Hibahkan Karpet-Sajadah Impor Ilegal Senilai Rp 1,8 Miliar ke Pemkab Bekasi

(mus)

Mantan Menteri Keuangan Chatib Basri

Ditanya Peluang Jadi Menkeu Lagi, Begini Jawaban Chatib Basri

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani diisukan oleh Ekonom Senior Indef, Faisal Basri sebagai menteri yang paling siap mundur dari Kabinet Presiden Joko Widodo (Jokowi).

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2024