Ini 10 Bandara Terbaik di Asia Versi Skytrax

Bandara Changi, Singapura.
Sumber :
  • Dok. Changi Airport Group

VIVA.co.id – Situs pemeringkat maskapai penerbangan dunia Skytrax kembali terbitkan laporan terbaru terkait bandara terbaik dunia. Dan secara berturut-turut dalam tiga tahun Bandara Internasional Changi Singapura menjadi bandara terbaik pertama di dunia.

Berasa Idol, Rezky Aditya Terekam Kamera Dispatch Saat Jalan di Bandara Incheon

Dilansir dari laman Business Insider, Kamis 18 Agustus 2016, disebutkan Bandara Changi ternyata bukan satu-satunya bandara dengan fasilitas kelas dunia khususnya di Asia, karena Skytrax juga melihat ada 10 bandara terbaik juga di kawasan itu.

Peringkat Skytrax tahunan ini didasarkan pada survei yang disebar ke 13 juta pelanggan dari 106 negara. Lebih dari 550 bandara masuk dalam survei ini dan mencakup 39 layanan, kinerja bandara, termasuk kenyamanan fasilitas, kamar kecil atau toilet, dan kemampuan bahasa staf bandara.

Aktivitas Gunung Ruang Mereda, Operasional Bandara Sam Ratulangi Kembali Normal

Adapun 10 Bandara tersebut diurut dari peringkat pertama adalah

1. Singapore Changi International Airport (SIN)

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

penumpang tahunan: 54 juta orang

ranking sebelumnya: 1

Mengapa mengagumkan: Changi berada di posisi pertama sebagai bandara terbaik di dunia. Selain berfungsi sebagai rumah bagi Singapore Airlines, SilkAir, dan Tiger Airways dan menjadi salah satu dari 16 bandara tersibuk di dunia.

Bandara Singapura telah menerima pujian karena arsitektur yang indah, operasional yang efisien, fasilitas mewah, dan menawarkan tempat makan dan pilihan berbelanja yang luas. Seperti adanya bioskop, hiburan multimedia, dan spa.

2. International Airport Incheon (ICN)

penumpang tahunan: 41,7 juta orang

ranking sebelumnya: 2

Mengapa mengagumkan: Sekali lagi, Incheon adalah bandara terbaik kedua di dunia. Terletak di sebuah pulau di luar ibu kota Korea Selatan, Incheon adalah rumah bagi maskapai Korean Air dan termasuk 24 bandara tersibuk di dunia. Dibuka pada tahun 2001.

Fasilitas Incheon adalah memiliki tempat belanja dan makan, di samping sebuah pertunjukan budaya. Bandara ini bahkan memiliki museum budaya Korea.

3. Tokyo Haneda International Airport (HND)

penumpang tahunan: 72.8 juta orang

ranking sebelumnya: 4

Mengapa mengagumkan: Haneda adalah salah satu dari dua bandara internasional utama yang melayani daerah Tokyo. Terletak beberapa mil jauhnya dari jantung ibukota Jepang, Haneda telah terbukti menjadi bandara populer untuk pelancong bisnis dan wisatawan.

Bandara ini masuk kategori tersibuk keempat di dunia, di mana bandara ini memiliki efisiensi pelayanan, kebersihan, dan belanja.

4. Hong Kong International Airport (HKG)

penumpang tahunan: 63,1 juta orang

rank sebelumnya: 3

Mengapa mengagumkan: Dibangun di sebuah pulau buatan di lepas pantai Hong Kong, HKG telah menjadi salah satu fasilitas yang paling populer di dunia sejak dibuka pada tahun 1998.

HKG Salah satu bandara tersibuk di Asia, Hong Kong International berfungsi sebagai rumah maskapai Cathay Pacific, Hong Kong Airlines, dan Dragonair.

5. Central Japan International Airport (NGO)

penumpang tahunan: 9,8 juta

peringkat sebelumnya: 5

Mengapa mengagumkan: Dibangun di sebuah pulau buatan di tengah Ise Bay dekat kota Nagoya, Central Japan International. NGO juga dikenal sebagai Centrair yang berfungsi sebagai hub untuk Japan Airlines dan ANA.

Centrair memegang perbedaan sebagai bandara terbaik daerah di dunia.

Memiliki langit-langit sepanjang 1.000 kaki di mana penumpang bisa melihat kapal-kapal berlayar ke Nagoya Port. Ada juga pemandian tradisional Jepang di mana Anda dapat berendam santai sambil menonton matahari terbenam di Teluk.

6. Kansai International Airport (KIX)

penumpang tahunan: 20 juta

ranking sebelumnya: 7

Mengapa mengagumkan: Terletak di sebuah pulau buatan di Teluk Osaka, Kansai International merupakan pusat utama untuk ANA dan Japan Airlines.

Skytrax memuji Kansai untuk arsitektur modern, fasilitas bersih, dan staf yang sangat membantu. Bandara ini juga membanggakan Sky View dek observasi yang memberi penumpang pemandangan penerbangan masuk dan keluar.

7. Tokyo Narita International Airport (NRT)

penumpang tahunan: 35,6 juta orang

ranking sebelumnya: 8

Mengapa mengagumkan: Narita adalah yang pertama dari dua bandara Tokyo untuk muncul di daftar. Terletak 35 mil di luar ibu kota Jepang, Narita menangani sebagian besar lalu lintas internasional masuk dan keluar dari kota. Bandara ini melayani sebagai hub utama untuk ANA, Japan Airlines, dan Delta.

Skytrax memuji bandara ini untuk staf yang efisien dan ramah, fasilitas bersih, dan pilihan bersantap berlimpah.

8. Beijing Capital International Airport (PEK)

penumpang tahunan: 83,7 juta orang

ranking sebelumnya: 6

Mengapa mengagumkan: sebagai bandara kedua tersibuk di dunia, Beijing Capital telah memainkan peran utama dalam pertumbuhan eksplosif ibu kota China.

Dengan pertumbuhan ini, bandara PEK telah membangun fasilitas baru dan mengupgrade infrastruktur. Terminal 3 bandar ini dinilai sebagai salah satu dari 10 terminal terbaik di dunia.

9. Taiwan Taoyuan international Airport (TPE)

penumpang tahunan: 34 juta

ranking sebelumnya: 9

Mengapa mengagumkan: terletak di luar ibu kota Taiwan Taipei, Taoyuan International adalah bandara terbesar di Taiwan. Bandara ini rumah kedua maskapai China Airlines dan EVA Air.

Skytrax memuji bandara ini untuk layanan sopan, lingkungan yang bersih, dan garis imigrasi cepat. Taoyuan juga pernah miliki museum penerbangan Taiwan, tetapi museum ditutup awal tahun ini untuk membuat jalan bagi perluasan bandara.

10. Kuala Lumpur International Airport (KUL)

penumpang tahunan: 47,5 juta

ranking sebelumnya: 10

Mengapa mengagumkan: Kuala Lumpur International adalah salah satu bandara tersibuk di Asia Tenggara dan berfungsi sebagai pangkalan kedua AirAsia dan Malaysia Airlines.

Bandara ini terletak hanya 35 mil selatan ibu kota Malaysia dan mudah diakses melalui jalan darat dan kereta api. KL International adalah rumah bagi salah satu fitur yang paling unik di semua penerbangan, sebuah hutan di bandara, lengkap dengan air terjun. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya