Ini Kata Dirjen Bea Cukai Soal Harga Rokok Rp50 Ribu

Berbagai merek rokok.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan membantah kabar yang menyebutkan harga rokok akan melambung hingga di kisaran Rp50 ribu per bungkus. Harga rokok yang saat ini dijualbelikan di masyarakat, berada di rentang Rp20 ribu per bungkusnya.

Kasus Pungli, Kejati Banten Sita Rp1,1 Miliar dari Bea Cukai Soetta

Seperti dikutip viva.co.id, Senin 22 Agustus 2016 melalui akun Twitter @BeaCukaiRI, otoritas cukai menegaskan bahwa isu kenaikan harga rokok yang beredar di media massa sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Mengenai isu yang beredar mengenai harga rokok, kami sampaikan bahwa berita tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," demikian klarifikasi otoritas cukai melalui akun Twitter-nya.

Rokok Ilegal Senilai Rp6,6 Miliar Disita Bea Cukai Aceh

Otoritas cukai mengatakan, sampai saat ini pemerintah bersama industri terkait, maupun asosiasi-asosiasi rokok nasional belum menyepakati adanya aturan terbaru, mengenai Harga Jual Eceran (HJE) rokok nasional. Artinya, isu kenaikan rokok hingga Rp50 ribu per bungkusnya tidak benar adanya.

"Sampai saat ini belum ada aturan terbaru, mengenai harga jual eceran rokok," kata Ditjen Bea dan Cukai.

CHT Sudah Naik Harga Rokok Tetap Sama, Begini Kata Bea Cukai

Sebagai informasi, munculnya isu kenaikan harga rokok di angka Rp50 ribu per bungkus merupakan hasil penelitian Pusat Kajian Ekonomi dan Kebijakan Kesehatan Fakultas Kesehatan Manusia Universitas Indonesia (PKEKKFKM UI).

Mereka menyebutkan, 46 persen pecandu rokok akan berhenti bila harga rokok menembus angka di atas Rp50 ribu per bungkus.

Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai, Nirwala Dwi Heryanto.

Harga Rokok Tinggi hingga Shifting Konsumsi Bisa Bikin Target Penerimaan CHT Tidak Tercapai

Perpindahan konsumsi masyarakat dari rokok golongan I ke golongan II akibat kenaikan harga rokok berpotensi membuat target penerimaan negara dari cukai hasil tembakau.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023