Taiwan Diminta Bikin Pabrik dan Transfer Teknologi ke RI

Taiwan Excellence Fair 2016
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ade Alfath

VIVA.co.id – Biro Perdagangan Luar Negeri, Kementerian Urusan Ekonomi Taiwan (BOFT) dan Taiwan External Trade Development Council (Taitra) mengajak pemerintah Indonesia untuk bekerja sama mengembangkan bisnis kedua negara.

Muhammadiyah-Taiwan Kerja Sama Tingkatkan Mutu Pendidikan

Executive Vice President Taitra, Walter Yeh, mengatakan banyak produk asal Taiwan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan bangsa Indonesia.

"Kita mempunyai banyak produk yang telah berkembang di Indonesia, seperti lampu LED, produk ritel, elektronik, hingga kuliner seperti Chatime," ujar Walter dalam acara Taiwan Excellence Cultural Fair 2016 di Ancol, Jakarta, Minggu 4 September 2016.

Feeling Jokowi pada Investor Taiwan

Menurut dia, Indonesia merupakan salah satu pasar terpenting bagi Taiwan. Angka perdagangan kedua negara di tahun lalu mencapai 81 Triliun rupiah. Sementara produk Taiwan banyak digemari karena berharga murah tapi dengan kualitas baik.

"Di Taiwan, ekspor Indonesia termasuk yang terbesar atau di urutan ke 14," kata dia.

Gandeng Taiwan, Kemenperin Lakukan Ini

Untuk itu, dia berharap agar Indonesia dan Taiwan terus menjalin kerja sama perdagangan yang baik dan meningkatkan ekonomi kedua negara.

"Kita antusias untuk terus menjalin kerja sama di tahun-tahun berikutnya," kata dia.

Sedangkan Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) mendorong perusahaan teknologi asal Taiwan untuk lebih banyak menginvestasikan produknya di Indonesia. Sebab, Ketua Umum Apkomindo, Soegiharto Santosa, mengatakan penggunaan produk Taiwan di Indonesia juga terus meningkat.

"Banyak produk Taiwan dengan market share nomor satu di Indonesia," ujar Soegiarto.

Menurut dia, salah satu keunggulan produk teknologi asal Taiwan yaitu berkualitas baik namun dengan harga terjangkau. Brand asal Taiwan pun saat ini menguasai pasar komputer di Indonesia, seperti Asus, Acer dan HTC.

Soegiharto berharap, produk asal Taiwan itu tidak hanya menjadikan Indonesia sebagai pasar, namun juga ikut membangun pabrik di Indonesia.

"Dengan itu akan terjadi alih teknologi," kata dia.

Tidak hanya produk teknologi, berbagai brand asal Taiwan di bidang penerbangan, jasa logistik hingga kuliner kenamaan seperti Chatime juga dipamerkan di Taiwan Excellence Fair 2016.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya