Tolak Pemeriksaan Pajak, Menkeu Ajak Google Diskusi

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • ANTARA/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membuka kemungkinan untuk melakukan diskusi kepada perusahaan teknologi asal Amerika Serikat, Google, terkait langkah mereka yang menolak pemeriksaan pajak yang diberikan otoritas pajak.

Nasida Ria Kolab Bareng JKT48 Bertemakan Ramadhan

“Kami punya wadah untuk mendiskusikan hal tersebut,” tegas Ani, sapaan akrab Sri Mulyani, saat ditemui di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Jakarta, Jumat 16 September 2016.

Ani mengakui, perusahaan multinasional tersebut sudah pasti memiliki argumen terkait hal tersebut. Pemerintah pun membuka sesi diskusi dengan Google, jika itu memang diperlukan. Hal ini dilakukan, agar permasalahan ini bisa segera diselesaikan.

Terpopuler: Persib Bandung Rekrut Eks Karyawan Google, Lisa Rumbewas Meninggal Dunia

Kendati demikian, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan, apabila dalam pertemuan itu nantinya kedua belah pihak tidak mencapai kata sepakat, maka langkah peradilan pajak pun akan ditempuh oleh pemerintah sesuai aturan yang berlaku.

“Perusahaan-perusahaan itu pasti punya argumen sendiri. Kalau sepakat atau tidak sepakat, juga ada peradilan pajak,” tegasnya.

Eks Karyawan Google Gabung ke Persib Bandung, Pernah Dekat dengan Bambang Pamungkas

Ani kembali menegaskan, selama ini pemerintah sudah memiliki peraturan perundang-undangan yang jelas, bagaimana sebuah perusahaan multinasional dapat dijadikan sebuah objek pajak. Yakni, apabila mereka mengoperasikan bisnis, dan meraup keuntungan dari bisnis tersebut.

Sebagai informasi, Head of Corporate Communication Google Indonesia, Jason Tedjakusuma mengklaim bahwa selama ini perusahaan telah bekerja sama dengan pemerintah Indonesia, dengan taat membayar seluruh pajak yang dikenakan. (asp)

Google Play

Cara Menikmati Ramadhan Bersama Google

Di tengah beragamnya tradisi dan kebiasaan masyarakat, kamu bisa menikmati Ramadhan dengan Google yang memberikan berbagai informasi dan pengalaman berwarna.

img_title
VIVA.co.id
15 Maret 2024