Efektivitas Tax Amnesty Mampu Buat RI Layak Investasi

Ilustrasi/Kebijakan Tax Amnesty.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – DBS Research Group memandang, apabila program kebijakan pengampunan pajak, atau tax amnesty dapat berhasil, ada potensi peringkat utang Indonesia bisa menanjak ke level invesment grade, alias layak investasi.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Ekonom DBS Research Group Philip Wee mengungkapkan, program yang saat ini memasuki batas akhir periode pertama tarif tebusan terendah itu, memang menjadi salah satu senjata andalan jangka pendek dalam menggenjot pertumbuhan.

Harapannya, kata Wee, dana repatriasi dari program tersebut yang ditargetkan hingga mencapai US$75 miliar, atau setara dengan Rp1.000 triliun itu mampu untuk meningkatkan penerimaan negara, dan membiayai proyek infrastruktur.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

“Keberhasilan program tax amnesty pajak, sekaligus akan memperbaiki kredibilitas fiskal pemerintah,” jelas Wee, dalam riset terbarunya yang diterima VIVA.co.id, Jumat 30 September 2016.

Menurut Wee, upaya pemerintah mendorong pertumbuhan ekonomi masih menghadapi tantangan, karena terbatasnya ruang untuk menaikkan defisit anggaran sebesar tiga persen, meskipun sudah memiliki 13 paket kebijakan ekonomi.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

Namun, lain cerita apabila program tax amnesty bisa berjalan sesuai harapan. Wee menilai, efektivitas kebijakan tersebut mampu meningkatkan peringkat utang Indonesia, ke level layak investasi.

“(Jika tax amnesty berhasil) Investment grade dari Standard and Poor (akan didapatkan). Hal ini juga dapat menjaga daya tahan rupiah, terhadap terpaan volatilitas global dan kenaikan suku bunga AS,” ungkapnya. (asp)

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023