Salam Perpisahan Sri Mulyani di Kantor Bank Dunia

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Antara

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati melakukan kunjungan kerja ke Washington DC, Amerika Serikat untuk menghadiri perhelatan annual meetings International Monetary Fund (IMF) and World Bank Group pada 7-8 Oktober 2016 mendatang. 

Bank Dunia dan IMF Berlomba Suntik Dana Miliaran Dolar ke Ukraina

Dalam kesempatan itu, Ani, sapaan akrabnya, menyempatkan diri menyampaikan pidato perpisahannya sebagai Direktur Operasional Bank Dunia. Jabatan yang telah diembannya, sejak 2010 silam.

Acara perpisahan itu  berlangsung di atrium James D Wolfensohn, kantor pusat Grup Bank Dunia di Washington DC, AS.

Situasi Mencekam, Bank Dunia dan IMF Pindahkan Staf dari Ukraina

Di depan para pejabat IMF dan Bank Dunia, Ani bercerita, keluarganya sempat terkejut saat ia memutuskan berhenti sebagai bendahara negara, dan memilih  mengambil posisi sebagai jajaran petinggi di Bank Dunia.

Pada saat itu, kepada keluarga besarnya Ani berjanji akan kembali mengabdi untuk Indonesia. Janji tersebut pun seakan diamini oleh semesta, ketika Presiden Joko Widodo meminta Ani untuk kembali ke tanah air.

Bantu Kembangkan Program JKN, Bank Dunia Kasih Pinjaman RI US$400 Juta

Menurut Ani, kesempatan ini menjadi momen tepat untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa sekaligus menepati janji yang telah diucapkannya. 

"Saya sangat mencintai Indonesia, dan tidak punya pilihan lain. Saya harus kembali," ungkap Ani dikutip dari situs resmi Kementerian Keuangan, kemenkeu.go,id, Rabu 5 oktober 2016. 

Dalam kesempatan itu Ani pun menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar Bank Dunia. Karena selama ini telah mendukung kinerjanya sebagai direktur operasional.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim pun menyampaikan kesannya telah bekerja sama dengan Ani beberapa tahun ini. Kim menilai, Ani sangat kompeten di bidang ekonomi, sehingga diyakini mampu maksimal melaksanakan tugasnya sebagai menteri keuangan di Indonesia. 
 
Selain Kim, acara perpisahan ini juga turut dihadiri oleh, sejumlah pejabat IMF dan Bank Dunia diantaranya, Managing Director IMF Christine Lagarde, dan mantan Presiden Bank Dunia Robert Zoellick.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya