Menko Luhut Targetkan 5 Juta Wisatawan ke Mandalika Lombok

Pantai Mandalika, Lombok Tengah.
Sumber :
  • Viva.co.id/Kusnandar

VIVA.co.id – Kementerian Koordinator Kemaritiman melakukan upaya percepatan realisasi pembangunan kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika di Lombok. Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, mengatakan, menargetkan tahun depan pembangunan kawasan ini bisa segera dijalankan.

Kinerja Tiket.com Meningkat Seiring Pulihnya Industri Pariwisata

Ia mengatakan, Mandalika termasuk salah satu kawasan pariwisata yang akan mendapat bantuan dari Bank Dunia sebesar US$300 juta atau Rp3,9 triliun, bersama dengan kawasan wisata Borobudur dan Danau Toba. Ia menargetkan jumlah wisatawan ke Mandalika bisa meningkat hingga lima juta orang.

"Jumlah turis sekarang satu juta (wisatawan per tahun), kita mau jumlahnya meningkat hingga lima juta," ujar Luhut dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id pada Rabu, 26 Oktober 2016.

Kebangkitan Pariwisata Nasional, Kolaborasi Otoritas Wisata Daerah dan UMKM

Dia menyatakan, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah akan bekerjasama untuk mensosialisasikan pembangunan KEK Mandalika. Pembangunan ini untuk kesejahteraan rakyat setempat.

Menurutnya, kalau sektor pariwisata berkembang, turis berkembang, maka semua sektor perekonomian di daerah Mandalika akan berkembang pula, seperti pertanian, kerajinan tangan, industri, dan perekenomian rakyat, seperti dengan membuka warung makan.

Jadi Tuan Rumah ASEAN Tourism Forum 2023, Yogyakarta Optimalkan Peran Pelaku Pariwisata

Sejumlah investor asing juga telah memberikan komitmen untuk berinvestasi dalam pembangunan KEK Mandalika, seperti Pullman dan Club Med.

Ilustrasi Hotels

Strategi Baru Industri Perhotelan untuk Menarik Wisatawan Setelah Pandemi

Indonesia menyaksikan kebangkitan yang menggembirakan di sektor pariwisata, termasuk hiburan, properti, dan perhotelan.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023