Ini Tiga Bidang Industri Kreatif Penyumbang Terbesar PDB

Kuliner Yogyakarta.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Wakil Ketua Umum Kadin Bidang UMKM, Koperasi, dan Ekonomi Kreatif, Erik Hidayat menyebut, terdapat tiga subsektor dalam industri kreatif yang memberikan sumbangan terbesar terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia.

Gibran Mau Kasih Panggung Buat Musisi Lokal

Menurutnya, sektor industri kreatif di bidang fashion, kuliner, dan kerajinan merupakan sektor yang memberikan sumbangan besar terhadap PDB dari 15 subsektor ekonomi kreatif lainnya, yang meliputi film, musik, seni pertunjukan, periklanan, dan lain-lain.

"Dari 15 subsektor ekonomi kreatif yang dikembangkan, terdapat tiga subsektor yang memberikan kontribusi dominan terhadap PDB, yaitu kuliner sebesar Rp209 triliun atau 32,5 persen,  fashion  sebesar Rp182 triliun atau 28,3 persen dan kerajinan sebesar Rp93 triliun atau 14,4 persen," kata dia di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta Pusat, Senin, 21 November 2016.

Dwidayatour Dukung Gekrafs dengan Fasilitas Perjalanan, Wujudkan Agenda Kreatif

Ketiga subsektor ekonomi kreatif yang mulai menunjukkan kontribusinya terhadap PDB, kata Erik, nantinya bisa dikolaborasikan dengan sektor pariwisata yang sudah mapan. Sehingga ekonomi Indonesia bisa lebih mandiri dan bisa mengurangi ketergantungan dengan negara lain.

"Pengembangan industri kuliner, kerajinan dan fesyen ini dapat lebih dikolaborasi dengan pengembangan sektor pariwisata, yang sudah menyumbang sepuluh persen dari total PDB," tuturnya.

Industri Kreatif Terancam Pasal Tembakau di RPP Kesehatan, Kemenparekraf Panggil Pelaku Usaha

Namun, menurutnya, sektor UMKM masih mengalami beberapa kendala untuk mengembangkan bisnisnya. Dimana, pelaku UMKM masih mengalami kesulitan mendapatkan permodalan. Paket kebijakan yang diusung Presiden Joko Widodo diharapkan dapat mempermudah pelaku UKM mendapatkan modal usaha.

"Untuk itu berbagai paket kebijakan ekonomi yang telah diberikan pemerintah yang sangat mendukung kemajuan UMKM dan industri kreatif," ujarnya.

Peluncuran platform komik digital, comicone.id

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Comicone.id merupakan platform komik digital yang telah secara resmi diluncurkan pada Jumat, 1 Maret 2024. Kemenparekraf dukung penuh inovasi terbaru ini.

img_title
VIVA.co.id
2 Maret 2024