Tanpa SDM Berintegritas, Sulit Lakukan Reformasi Pajak

Kantor pusat Dirjen Pajak Kementerian Keuangan.
Sumber :
  • REUTERS/Iqro Rinaldi

VIVA.co.id – Tertangkapnya seorang pejabat Direktorat Jenderal Pajak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi menjadi pelajaran berharga bagi Kementerian Keuangan yang dinakhodai Mulyani Indrawati. Berbagai evaluasi untuk seluruh direktorat di bawah Kemenkeu pun akan dilakukan.

Jadi Tersangka, Dua Penyuap Angin Prayitno Aji Ditahan KPK

"Bu Ani sudah komit. Kalau ada proses yang tidak didukung integritas dan kapabilitas, kami akan review. Kami dorong orang yang lebih baik," jelas Sekretaris Jenderal Kemenkeu, Hadiyanto saat ditemui di Kompleks Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa 22 November 2016.

Hadiyanto mengakui, oknum yang terkena Operasi Tangkap Tangan (OTT) tersebut memang telah diketahui oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu. Dia mengatakan, Kemenkeu sejatinya telah memiliki sistem, yang mampu menelusuri adanya kejanggalan-kejanggalan yang terjadi.

Kasus Pencucian Uang, KPK Sita Aset Puluhan Miliar Eks Pejabat Pajak

Setelah ditemukan, Kemenkeu pun berkoordinasi dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) beserta aparat kepolisian untuk segera menindaklanjuti temuan tersebut. Alhasil pada kemarin malam, KPK berhasil menangkap seorang pejabat Direktorat Jenderal Pajak, yang diduga menerima suap.

"Irjen selalu mendapatkan informasi, baik dari pihak ketiga maupun pantauan Irjen sendiri," ujarnya.
 
Maka ke depan, reformasi perpajakan pun akan digencarkan, tidak hanya reformasi sistem perpajakan yang berada di otoritas pajak, melainkan juga bagaimana mereformasi sumber daya manusia yang dimiliki DJP, dengan mengedepankan prinsip integritas.

Eks Pejabat Pajak Angin Prayitno Aji Divonis 9 Tahun Penjara

"Jadi apakah dia bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Kapabilitas dan integritas. Lalu sistem IT, dan perundang-undangan. Jadi bisa saling mendukung," tegas dia.

Presiden Jokowi lapor SPT pajak secara online.

Jokowi Ajak Masyarakat Lapor SPT Pajak Tahunan Lewat e-Filing

Pelaporan SPT Tahunan PPh melalui aplikasi daring e-filling berikan kemudahan bagi para wajib pajak karena dapat dilakukan tanpa datang ke kantor pajak.

img_title
VIVA.co.id
4 Maret 2022