Rupiah Melemah, Pengusaha Ini Untung

Dolar AS dan rupiah.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, berdampak positif bagi para pengusaha eksportir Indonesia. Pendapatan eksportir menjadi lebih besar, karena nilai dolar AS menjadi lebih banyak dalam rupiah.

Rupiah Mulai Menguat ke Level Rp 16.172 per Dolar AS

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyebut, posisi nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat, yang berada di kisaran di Rp13.400 - Rp13.500 per dolar AS, menjadi angin segar bagi para eksportir.

"Pada posisi ini, eksportir senang dan menikmati," ujar Enggar, saat ditemui di Hotel Fairmount, Jakarta, Selasa 6 Desember 2016

Rupiah Sentuh Rp 16.128 per Dolar AS, Airlangga: Sedikit Lebih Baik dari Malaysia dan China 

Penguatan dolar negeri Paman Sam, tentu akan memberikan pengaruh terhadap harga barang ekspor. Barang ekspor Indonesia semakin terjangkau di luar negeri, sehingga mendongkrak penjualan. 

Enggar menyatakan, penyesuaian kurs mata uang tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga negara-negara lain. Mata uang Garuda meskipun melemah, pelemahannya relatif stabil dibandingkan negara-negara lain.

Loyo, Rupiah Dibuka Melemah Jelang Libur Lebaran Idul Fitri

"Jadi, jangan diartikan, bahwa kita dengan dolar melemah tajam," ujarnya.

Sebagai informasi, berdasarkan kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate Bank Indonesia, posisi rupiah pada hari ini Rp13.405 per dolar AS, menguat tipis Rp111 dari posisi kemarin, Senin 5 Desember 2016 sebesar Rp13.516 per dolar AS. (asp)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Wakil Menteri Keuangan, Suahasil Nazara

Erick Imbau BUMN Beli Dolar AS Besar-besaran, Menko Perekonomian hingga Wamenkeu Bilang Gini 

BUMN yang terdampak pada bahan baku impor dan BUMN dengan porsi utang luar negeri dalam dolar AS diminta untuk mengoptimalkan pembelian dolar AS dalam jumlah besar.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024