Enam Orang Ini Tercatat Paling Kaya di Eropa

Liliane Bettencourt
Sumber :
  • businessinsider.com

VIVA.co.id – Stabilitas politik penting untuk orang-orang terkaya di dunia. Hal tersebut membuat orang kaya itu memiliki perhatian lebih terhadap negaranya dan itu menjadi perhatian khusus bagi orang kaya di Eropa saat ini.

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Dilansir dari laman Business Insider, pada Kamis 8 Desember 2016, gelombang populisme sepertinya sedang melanda kawasan Eropa, dimulai dari dorongan Brexit, mundurnya Perdana Menteri Italia dan pemilihan Marine Le Pen sebagai presiden Prancis.

Atas sejumlah kondisi tersebut, tentu membuat orang kaya di Eropa khawatir, sebab stabilitas politik terganggu, dan rezim pajak yang dahulu murah hati akan hilang, karena pemerintah yang populis. Selain itu, dengan adanya Brexit, orang kaya Eropa juga khawatir kekayaannya berkurang.

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Atas kondisi itu, Business Insider mengambil contoh orang-orang kaya yang masuk daftar tahun ini di Eropa, dipilih dari orang yang lahir dan hidupnya di Eropa. Daftar ini, mungkin saja bisa berubah pada tahun depan. Orang-orang itu yaitu:

1. Amancio Ortega (umur: 80 tahun)

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Amancio Ortega, Spanyol

Kekayaan bersih: £ 50,2 Miliar

Armancio Ortega adalah raja bisnis Spanyol, yang mendirikan kelompok busana Inditex. Kelompok ini terkenal, karena fashion dengan merek Zara. Dia adalah orang terkaya kedua di dunia.

2. Ingvar Kamprad dan keluarga (umur: 90 tahun) 

Ingvar Kamprad

Kekayaan bersih: £ 38,3 Miliar

Kampard kelahiran Swedia, mendirikan perusahaan mebel global IKEA. Dia telah menganut paham berhemat, kesederhanaan, dan antusiasme dalam manifesto 1976 yang disebut "A Testament of a Furniture Dealer."

3. Karl Albrecht Jr, Beate Heister & keluarga

Karl Albrecht Junior

Kekayaan bersih: £ 27,1 Miliar

Pasangan ini adalah ahli waris dari Karl Albrecht, yang ikut mendirikan supermarket murah Aldi. Albrecht, yang meninggal pada 2014, berhasil kembangkan jaringan supermarket tanpa embel-embel yang mirip dengan Wal-Mart di Amerika, dan sekarang ada lebih dari 10 ribu toko di 18 negara.

4. Sergey Brin (umur: 43 tahun)

Sergey Brin

Kekayaan bersih: £ 26,1 Miliar

Brin adalah Ilmuwan komputer kelahiran Soviet, dan salah satu pendiri Google. Saat ini, dia adalah presiden perusahaan induk Google Alphabet Inc dan orang terkaya ke-12 di dunia.

5. Stefan Quandt dan Susanne Klatten (umur: 50 dan 54 tahun)

Logo BMW

Kekayaan bersih: £ 25,4 Miliar

Pasangan tertutup ini adalah pewaris kekayaan BMW. Ayah mereka adalah Herbert Quandt, industrialis yang mengubah BMW menjadi raksasa industri.

6. Liliane Bettencourt (umur: 94 tahun)

Liliane Bettencourt

Kekayaan bersih: £ 25,0 miliar

Bettencourt adalah pemilik dari L'Oreal. Bettencourt dan anak-anaknya memiliki 33 persen dari perusahaan kosmetik tersebut. Dia menderita demensia, yang berarti anak-anaknya sekarang menjalankan urusan bisnisnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya