Kementerian ESDM Targetkan Investasi EBT Rp20 Triliun

Pembangkit listrik dari energi terbarukan, panas bumi.
Sumber :
  • Dok. NREL

VIVA.co.id – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan, mengatakan, kementeriannya menargetkan investasi senilai US$1,56 miliar atau Rp20,98 triliun (kurs Rp13.450 per dolar AS), untuk proyek energi baru terbarukan. Investasi ini untuk mencapai target bauran energi EBT sebesar 23 persen dan peningkatan 45 gigawatt pembangkit listrik.

Jalan Berliku Penerapan Energi Baru Terbarukan

“Investasi EBT akan terus menjadi prioritas, salah satunya dengan meningkatkan target investasi di 2017 menjadi US$1,56 miliar," kata Jonan di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu 21 Desember 2016.

Jonan menilai, peningkatan investasi EBT akan bertambah, sehingga bisa berdampak baik pada peningkatan kualitas udara bersih. Selain itu, upaya investasi dilakukan Kementerian ESDM, demi merealisasikan target dalam rencana umum energi nasional, seperti yang dicanangkan pemerintah hingga 2025.

Cek Fakta: Cak Imin Sebut Target Energi Baru Terbarukan 2025 Meleset dari 23 Persen Jadi 17 Persen

Jonan menyebut, dari beberapa jenis pembangkit listrik, pembangkit listrik tenaga panas bumi ditargetkan meningkat menjadi sebesar 1.858,5 megawatt pada tahun depan. Tercatat, kapasitas PLTP yang terpasang hingga periode Desember 2016 telah mencapai 1.643,5 MW.

"Selain itu, pembangkit listrik tenaga surya dan pembangkit listrik tenaga mikro hidro, ditargetkan meningkat menjadi 291,71 MW," kata Jonan.

Reaktor Fusi Nuklir Terbesar di Dunia Beroperasi, Bukan untuk Perang

"Oleh karenanya, pemerintah harus terus berupaya menarik minat swasta, agar mereka mau berinvestasi di subsektor ini, sehingga target-target tersebut juga bisa tercapai," ujarnya.

Kementerian ESDM juga memasang target pada sektor pembangkit listrik tenaga bioenergi mencapai 2.093 MW, atau bertambah sebanyak 305,1 MW di 2017. Pemanfaatan bahan bakar nabati pada 2017 juga ditargetkan terus meningkat menjadi 4,6 juta kiloliter.

Direktur Keuangan PLN, Sinthya Roesly

PLN Dapat Komitmen Hibah dari AS untuk Studi Pengembangan Mini-Grid EBT Daerah 3T di Indonesia Timur

PT PLN (Persero) mendapat dana hibah senilai sekitar USD 1 juta dari Badan Perdagangan dan Pembangunan Amerika Serikat atau The United States Trade and Development Agency

img_title
VIVA.co.id
13 Februari 2024