Libur Akhir Tahun, Masyarakat Diimbau Tak Serbu Tol Brexit

Kepadatan kendaraan di gerbang Tol Brebes Timur akibat volume kendaraan pemudik di musim libur Lebaran lalu.
Sumber :
  • Dedy Priatmojo

VIVA.co.id – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memprediksi puncak arus lalu lintas pada libur akhir tahun Natal 2016 dan Tahun Baru 2017, akan terjadi pada hari Jumat, 23 Desember 2016. Dia mengimbau agar warga yang akan berlibur di pulau Jawa menggunakan semua jalur yang tersedia, dan tidak fokus pada tol Brebes Timur (Brexit).
 
Ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh instansi terkait, seperti Korlantas Polri, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Kesehatan, Badan Pengatur Jalan Tol, Jasa Marga, Jasa Raharja dan Pertamina untuk meminimalisir kemacetan.

Pulang Liburan dari Bali? Oleh-oleh Murah Meriah Ini Wajib Dibawa Pulang

“Pemerintah melalui masing-masing pemangku kepentingan telah mempersiapkan rencana kegiatan secara detail, dan berharap semua pihak berpartisipasi mengikuti skenario yang telah direncanakan dalam mengantisipasi kemacetan,” kata Budi Karya seperti dikutip dari keterangan persnya, Rabu 21 Desember 2016.

Budi berharap, dengan skenario yang telah disiapkan itu kemacetan pada titik ruas jalan tertentu dapat dikurangi. Pengguna jalan diharapkan dapat mempersiapkan keberangkatan mereka dengan memilih waktu dan jalur keberangkatan secara tersebar, bukan hanya pada jalur tertentu.

Bintang KDI Star, Idol Hingga Bowo dan Chia Ramaikan The Jungle Sensation 16 Tahun

“Kami mengimbau bagi pengguna jalan agar tidak dalam waktu yang bersamaan menggunakan jalur yang sama, karena akan menyebabkan kemacetan," kata Budi.

"Gerbang tol Brebes Timur bukan jalur yang sudah selesai saat ini, untuk itu kami mengimbau agar pengguna jalan dapat menggunakan jalur selatan atau jalur non tol,” ujarnya.

Liburan Akhir Tahun, Acara Menarik di Pusat Belanja Indonesia

Diperkirakan, titik kemacetan ada di gerbang tol Brebes Timur. Oleh karenanya, Korlantas akan mengintensifkan pengaturan lalu lintas sejak di gerbang tol Cikarang.

Skenario pengaturan lalu lintas yang dipersiapkan adalah jika terdapat antrean hingga lima kilometer, maka para pengguna jalan akan diminta untuk keluar dari gerbang tol sebelumnya. Seperti gerbang tol Pejagan atau bahkan dialihkan ke jalan biasa.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya