Maret, Pemerintah Terapkan Subsidi Langsung Elpiji 3 Kg

Kepala Dirjen Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral akan menerapkan subsidi langsung LPG tiga kilogram, yang dilakukan secara bertahap mulai Maret 2017. Setiap keluarga miskin akan mendapat jatah tiga tabung Liquid Petroleum Gas, atau elpiji tiga kilogram per bulan.

Pabrik LPG di Tangerang Meledak, 3 Karyawan Jadi Korban

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja mengatakan, pelaksanaan subsidi langsung elpiji 3 kg untuk masyarakat miskin dan rentan miskin. Kementerian ESDM bekerja sama, dengan Kementerian Sosial, terkait pendataan dan pembagian kartu kepada masyarakat yang berhak.

“Kita akan menggunakan skema subsidi langsung, bekerja sama dengan Kementerian Sosial. Jadi, keluarga yang berhak dapat satu kartu, yang nantinya dapat jatah elpiji 3 kg sebanyak tiga tabung per bulan. Kalau usaha mikro (dapat) sembilan tabung,”  ujar Wiratmaja seperti dikutip dari situs Kementerian ESDM, Jumat 6 Januari 2017.

Subsidi Gas Melon Bakal Ditekan, Dirjen Migas Masifkan Pembangunan Jargas

Dijelaskan Wirat, kartu yang diberikan untuk masyarakat miskin tersebut, tidak dikhususkan untuk pembelian elpiji 3 kg, melainkan untuk program bantuan khusus lainnya yang tengah dijalankan Pemerintah. Lokasi penerapan program ini, akan dimulai di pulau-pulau.

Agar pelaksanaan program berjalan lancar, Kementerian ESDM melakukan diskusi yang intensif dengan Kementerian Sosial. Pada saat ini, Kementerian Sosial telah menyebarkan sekitar 800 ribu kartu.

Beli Gas 3 Kg Sertakan KTP, Warga Depok Curiga Dipakai untuk Data Pinjol

Kementerian Sosial akan meneliti daerah mana yang paling siap untuk penerapan subsidi langsung elpiji 3 kg ini. Dalam pelaksanaan program ini, pemerintah bekerja sama dengan perbankan nasional seperti PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Mandiri Tbk.

“Sedang kita bahas, (daerah) mana yang paling siap. Kementerian Sosial sudah menyebarkan sekitar 800 ribu kartu juga,” ujar Wirat. (asp)

tabung gas elpiji 3 kg atau tabung melon/Ilustrasi.

Jaga Ketersediaan di Lebaran, Pertamina Tambah 164.640 LPG 3 Kg untuk Situbondo dan Banyuwangi

Jaga Ketersediaan di Lebaran, Pertamina Tambah 164.640 Tabung LPG 3 Kg

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024