Harga Cabai Meroket, Termahal Rp170 Ribu Per Kg

Petani cabai.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Saiful Bahri

VIVA.co.id – Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKPPI) mencatat harga cabai merah paling tinggi di Indonesia mencapai Rp170 per kilogram, sementara terendah mencapai Rp98 ribu per kg. Secara rata-rata nasional, harga cabai merah ada di level Rp120 per gram. 

Daftar Harga Pangan 5 April 2024: Cabai dan Telur Ayam Naik Jelang Lebaran

Ketua Umum Ikappi, Abdullah Mansuri, mengungkapkan kemungkinan pada 2017 harga cabai merah berkontribusi tinggi terhadap inflasi. Jika pemerintah tetap belum memberikan solusi nyata pada persoalan intinya, yaitu produksi. 

Sebelumnya Kementerian Pertanian mengungkapkan  pembibit cabai jenis amfibi  atau cabai tahan segala cuaca ini sudah diterapkan dan telah menghasilkan. Di daerah Jawa Barat, Sulawesi, dan Jawa Timur, cabai jenis ini sudah di produksi rata-rata 24 ton per hektare dan dapat menghasilkan harga yang sesuai acuan jual pemerintah, yaitu Rp28.500 per kg. 

Daftar Harga Pangan 4 April 2024: Cabai hingga Gula Meroket

"Faktanya nggak ada di lapangan enggak ada di pasar. Bolehlah menunjukkan prestasi ke presiden, tapi fakta di pasar enggak ada. Dan publik punya penilaian sendiri," ucap Abdullah kepada VIVA.co.id pada Jumat, 6 Januari 2017.

Karena itu dia mengharapkan, pemerintah baik Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan berkoordinasi dengan para pelaku yang ada dari hulu ke hilir agar dapat menghasilkan strategi yang tepat. 

Daftar Harga Pangan 3 April 2024: Cabai hingga Daging Sapi Merangkak Naik

"Contoh harga acuan, pemerintah tidak melibatkan petani tidak melibatkan pedagang. Tidak tepat harganya, makanya dikeluarkan dari harga acuan," tuturnya. 

(ren)

Harga daging sapi di Pasar Induk Pringsewu Lampung

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Harga komoditas pangan mayoritas mengalami penurunan usai libur Lebaran.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024