Cara Manfaatkan Liburan untuk Buat Karier Mengkilap

Ilustrasi liburan
Sumber :
  • Dok. Ardha Prasetya

VIVA.co.id – Awal tahun, saat paling tepat untuk merencanakan liburan. Alasannya, apalagi kalau bukan jatah cuti tahunan yang kembali full. Tentunya, awal tahun bisa jadi momen liburan yang menyenangkan.

Tips Menjaga Keuangan Tetap Aman agar Liburan Nyaman

Namun, bila tahun ini Anda tidak berniat untuk berlibur ke luar kota, atau luar negeri, jatah cuti tahun ini bisa digunakan untuk hal bermanfaat yang bisa membuat karier Anda mengkilap. 

Dilansir dari situs e-commerce produk finansial, CekAja.com, pada Kamis 12 Januari 2017, ada empat cara untuk  memanfaatkan liburan yang bisa membuat karier mengkilap, dan jika ini diterapkan ujung-ujungnya, Anda bisa mendapatkan promosi dan kenaikan gaji. Jika berminat, ini cara-caranya: 

Viral Luna Maya Pakai Sunblock Ketebalan, Netizen: Make Up Suzana Belum Diapus?

1. Ikut kursus

Sangat ingin menguasai coding, desain grafis, atau menguasai keahlian lain yang bisa membantu karier Anda? Momen liburan akhir tahun adalah saat yang tepat. Ada banyak tempat kursus mulai dari yang berbayar dan sistem tatap muka hingga gratis dan bisa dipelajari melalui video tutorial di internet.

Liburan Seru di Jakarta: Belajar Sejarah Jalur Rempah dan Foto Cantik di Replika Candi Borobudur

2. Mempelajari penggunaan software dan tool

Saat hari kerja yang penuh kesibukan, sulit rasanya untuk meluangkan waktu mempelajari software dan tool terbaru yang bisa membantu kerja Anda. Akhirnya, Anda hanya bekerja berdasarkan apa yang Anda kuasai saja. Padahal, yang Anda lakukan justru sudah tak lagi efektif dan efisien.
 
Periode libur panjang nanti bisa jadi sangat produktif bila diisi dengan aktivitas mempelajari tool dan software terbaru. Usai liburan, Anda bisa seperti menjadi orang baru di tempat kerja.

3. Menyusun kartu nama dan kontak 

Anda bekerja sebagai sales, procurement atau marketing, mengumpulkan dan mengelola kartu nama dan kontak adalah bagian dari pekerjaan. Namun, mengumpulkan kartu nama dan kontak justru jauh lebih mudah dibandingkan menyusun dan mengelolanya. 

Padahal, bila tidak disimpan dan dikelola dengan baik, barang yang sangat berharga di dunia kerja ini mudah hilang. Nah, bila pada hari kerja Anda malas melakukannya, saat liburan panjang seperti akhir tahun adalah waktu yang paling tepat.

4. Berolahraga

Siapa bilang kesehatan tubuh tidak ada hubungannya dengan karier? Justru orang dengan tubuh yang sehat cenderung bisa bersaing di tengah dunia kerja yang kompetitif. Untuk itu, manfaatkan hari libur panjang Anda untuk memulai gaya hidup sehat. 

Bila selama ini Anda sudah jarang berolahraga, sekarang adalah waktu yang tepat untuk memulai. Keuntungannya, Anda tidak akan mendapatkan masalah dari badan yang letih akibat berolahraga. Sebab, Anda dapat beristirahat sepanjang yang Anda inginkan. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya