Sepanjang 2016, BRI Salurkan KUR Rp69,5 Triliun

Anjungan Tunai Mandiri (ATM) milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Sumber :
  • bri

VIVA.co.id – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) mencatat, hingga akhir 2016 kinerja perseroan dapat tumbuh positif  baik dari sisi aset perseroan, penyaluran kredit, dan penghimpunan dana pihak ketiga.

Gara-gara Hal Ini, Nasabah Loyal BTN Meningkat 222 Persen

“Untuk penyaluran kredit dan penghimpunan DPK tumbuh di atas rata-rata perbankan nasional,” kata Direktur Utama BRI, Asmawi Syam dalam siaran persnya, Rabu 18 Januari 2017.

Menurut Asmawi sampai dengan akhir 2016, Bank BRI telah menyalurkan KUR sebesar Rp69,5 triliun. Jumlah tersebut sesuai dengan kuota yang diberikan pemerintah.

Laba Bersih BTN 2021 Naik 48,3 Persen, NPL Turun

"Di tahun 2017, Bank BRI akan menargetkan profitabilitas yang lebih besar daripada tahun sebelumnya, peningkatan kepuasan nasabah dan penyaluran KUR sesuai target yang ditetapkan oleh pemerintah," ujarnya menambahkan.

Asmawi menuturkan, Menteri BUMN Rini Soemarno ingin dalam menghadapi persaingan di era digital, BRI harus berperan dalam memberdayakan kapasitas dan kapabilitas UMKM.

Melalui Jaringan SWIFT MT101, BRI Perkuat Layanan Global Banking

"Sepanjang 2016, Bank BRI konsisten melakukan program inklusi keuangan dan digitalisasi UMKM dalam upayanya mendorong pelaku UMKM naik kelas," ujarnya.

Salah satunya, yaitu melalui Rumah Kreatif BUMN (RKB).

Dari target 15 RKB, BRI berhasil meresmikan 16 RKB dan 1 RKB Plus di tahun 2016 yang tersebar di 17 kota. Selain itu, untuk meningkatkan kapabilitas pedagang pasar, BRI telah meluncurkan e-pasar BRI yang sampai dengan saat ini sudah mencakup 600 pasar di seluruh Indonesia.

Asmawi menambahkan, terkait dengan program inklusi keuangan, agen Laku Pandai milik BRI, agen BRILink saat ini sudah ada sebanyak 84.550 agen, lebih besar dari target 75 ribu agen untuk 2016.

Pada tahun lalu, BRI juga telah membangun dua Teras BRI Kapal untuk melayani daerah-daerah pesisir yang sebelumnya tidak menikmati akses keuangan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya