Tol Tebing Tinggi-Parapat Dibangun Tiga BUMN

Pekerja sedang mengerjakan proyek jalan tol Trans Sumatera
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dusep Malik

VIVA.co.id – Salah satu upaya pemerintah dalam mengembangkan aksesibilitas menuju kawasan wisata Danau Toba, adalah menggenjot pembangunan jalan tol Tebing Tinggi-Parapat.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Binjai-Stabat, Intip Spesifikasi Tolnya

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna mengatakan, proyek yang saat ini sedang dikerjakan oleh PT Hutama Karya (Persero) itu, nantinya akan di joint venture kan bersama PT Jasa Marga dan Waskita Toll Roads.

Dia juga menjelaskan, proyek yang total nilai kontraknya masih dalam proses kalkulasi ini, akan dibiayai dengan skema yang sama dengan proyek jalan tol lainnya.

Jokowi Resmikan Jalan Tol Penghubung Sumatera Utara dan Aceh

"Mengenai skema pembiayaan, karena prinsipnya penugasan, maka skemanya sama seperti yang lain, yakni dengan BUJT dan 40 tahun masa konsesi," kata Herry di Kantor Menko Maritim, Jakarta, Jumat 3 Februari 2017.

Dia memprediksi, secara keseluruhan proyek jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi yang dikerjakan Jasa Marga ini, akan selesai pada akhir 2017. Setelahnya, proyek itu akan dilanjutkan pengerjaannya, dari Tebing Tinggi-Parapat-Kuala Tanjung.

Hutama Karya Ungkap Sebab Seringnya Kecelakaan di Tol Belakangan Ini

"(Jalan tol) Medan itu proyeksi kita di 2017 ini selesai, sekitar akhir tahun. Itu sudah banyak progresnya. Kan Medan ke Kualanamu juga terus kita lanjutkan. Memang yang terakhir, paket (pekerjaan) yang di ujung itu baru mulai. Tapi masih kita kejar untuk (selesai) di tahun ini juga," ujarnya.
 

Menkeu Sri Mulyani dan Wamen BUMN di Tol Stabat.

LMAN Kucurkan Rp650 Miliar untuk Pembebasan Lahan Tol Binjai-Langsa

Jalan tol Binjai-Langsa merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera yang membentang dari Aceh hingga Bandar Lampung.

img_title
VIVA.co.id
4 Februari 2022