Produksi Minyak Lepas Pantai di Jatim Melimpah

Kilang minyak Pertamina.
Sumber :
  • Pertamina

VIVA.co.id – PT Pertamina EP mencatatkan realisasi produksi di lapangan minyak lepas pantai (offshore) Poleng Field yang terletak di Provinsi Jawa Timur, melampaui target.

Rentetan Insiden Kilang Minyak Meledak, Dirut Pertamina Beberkan 4 Penyebabnya

Realisasi rata-rata produksi minyak yang dihasilkan, yaitu sebesar 2.858 barrel oil per day (BOPD), atau 100,5 persen dari target produksi dalam Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP) yang sebesar 2.843 BOPD pada 2016.

"Tingkat produksi ini lebih tinggi 140 persen, setelah dikelola oleh PT Pertamina EP pada 2013, dibandingkan saat dikelola oleh operator sebelumnya yang mencapai rata-rata produksi sebesar 2.030 BOPD," kata Operation & Production Director PT Pertamina EP, Pribadi Mahagunabangsa, dalam siaran persnya di Jakarta, Senin 6 Februari 2017. 

Pipa Depo BBM Meledak, Rofik Sampaikan Belasungkawa dan Desak Benahi SOP Pengamanan

Tingkat produksi tersebut didapatkan dengan menjalankan beberapa metode produksi, seperti misalnya penggunaan teknologi Gas Lift Pack Off (GLPO) yang digunakan untuk optimasi sumur gas lift, dan menjaga terjadinya low and off untuk menjaga tingkat produksi.

Produksi Poleng Field didapatkan dari empat platform sumur produksi, yaitu platform AW, BW, yang dibangun kurang lebih 42 tahun yang lalu, atau sekitar tahun 1975. Kemudian, platform CW dan DW, serta satu platform untuk pemrosesan, yaitu Poleng Production Platform yang dibangun pada 2007.

Depo Plumpang Kebakaran, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Tetap Aman

"Meskipun lapangan yang kami kelola relatif tua, kami tetap optimis untuk bisa memproduksikan minyak dan gas bumi sesuai dengan target yang ditentukan. Dan, Alhamdulillah kami bersyukur selama 2016, Lapangan Poleng mampu melampaui target yang ditetapkan tersebut," tutur Pribadi.

Untuk tahun ini, Poleng Field ditargetkan mencapai produksi minyak bumi sebesar 3.088 BOPD. Pertamina EP optimistis dengan target yang ditentukan tersebut, karena tingkat produksi minyak hingga 29 Januari 2017 sudah mencapai angka 2.983 BOPD. 

"Saya harapkan, teman-teman di Poleng Field tetap semangat dan bisa meningkatkan performanya untuk mencapai target tersebut," katanya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya