Alasan Mengapa Freeport Belum Bisa Ekspor Konsentrat

Tambang bawah tanah Freeport
Sumber :
  • VIVA.co.id / Renne Kawilarang

VIVA.co.id – PT Freeport Indonesia ditegaskan belum secara resmi mengantongi izin ekspor konsentrat. Hal ini diungkapkan oleh Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara Kementerian Energi Sumber Daya Mineral Bambang Gatot Ariyono. 

ExxonMobil Pede Produk Ini Bisa Kurangi Biaya Pemeliharaan Alat Tambang

"Izin ekspor sampai saat ini belum diberikan, karena memang kan sesuai Permen (Peraturan Menteri) 5 dan Permen 6," ucap Bambang di Jakarta, pada Senin 6 Februari 2017.

Permen No.5/2017 mengatur tentang Peningkatan Nilai Tambah Mineral melalui Kegiatan Pengolahan dan Pemurnian Mineral di Dalam Negeri. Kemudian, Permen No.6/2017 mengatur tentang Tata Cara dan Persyaratan Pemberian Rekomendasi Pelaksanaan Penjualan Mineral ke Luar Begeri Hasil Penholahan dan Pemurnian. 

Dari Indonesia untuk Dunia, MIND ID, Holding Industri Tambang Mainkan Peran Inti Hilirisasi

Dalam Permen tersebut, diatur mengenai prosedur untuk melakukan ekspor konsentrat ke luar negeri lima tahun ke depan, seperti mengubah Kontrak Karya (KK) menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK), operasi produksi memberikan komitmen pembangunan smelter, dan membayar bea keluar maksimum 10 persen sesuai progres fisik dan realisasi keuangan pembangunan smelter. 

"Kalau dia belum mengajukan dan tidak memenuhi persyaratan, ya belum kita berikan. Harus, dia harus tetap mengajukan," ujarnya. 

Selesaikan PUT 2, Bumi Resources Minerals Ekspansi Bisnis

Kalau Freeport mengajukan perubahan IUPK dan izin ekspor konsentrat pada tahun ini, maka sesuai aturannya, kontraknya harus dihabiskan pada 2021. (asp)

EV Mining Truck hasil kolaborasi strategis antara VKTR dan Yutong di Pameran Indonesia Mining Exhibition di JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Terobosan Baru, VKTR Hadirkan EV Mining Truck untuk Industri Pertambangan Ramah Lingkungan

PT VKTR Teknologi Mobilitas memperkenalkan EV Mining Truck atau truk listrik untuk industri pertambangan sebagai terobosan baru dalam Pameran Indonesia Mining Exhibition.

img_title
VIVA.co.id
14 September 2023