Menteri Basuki Sebut Kontraktor RI Tak Saling Rangkul

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Satria Permana

VIVA.co.id – Para pengusaha sektor jasa konstruksi diminta lebih meningkatkan daya saing untuk menggarap proyek-proyek di dalam maupun di luar negeri.

Emisi Karbon Sektor Bangunan Jadi Perhatian Serius Menteri PUPR

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menegaskan, di tengah kencangnya laju pembangunan infrastruktur di Indonesia saat ini, 'semangat bertarung' para kontraktor harusnya bisa lebih dipacu.

"Selama ini, daya saing kita kurang, karena kerja kurang serius. Di dunia tinju itu saling menghancurkan lawan, tetapi setelah itu kan saling rangkul, berpelukan. Kita bisa meneladani itu di sektor jasa konstruksi," kata Basuki dalam acara Rapimnas Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) di sebuah hotel kawasan Senayan, Jakarta, Senin 27 Februari 2017.

Telan Rp1,9 Triliun, Bendungan Sadawarna Ditarget Rampung Agustus 2022

Dengan terbitnya Undang-undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, Basuki berharap, para pelaku bisnis jasa konstruksi bisa lebih mengembangkan spesialisasi sesuai keahliannya masing-masing.

Selain itu, aspek sertifikasi tenaga kerja di bidang jasa konstruksi juga harus diutamakan, dibarengi dengan upaya-upaya peningkatkan aspek Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) bagi para pekerja, demi meningkatkan produktivitas.

Menteri PUPR: Jalan Tol Cijago Seksi 3 Rampung Tahun Depan

"Dengan adanya UU (Jasa Konstruksi) ini, kami mengajak Gapensi bersatu bersama memikirkan spesialisasinya. Selain itu, sertifikasi juga menjadi tugas kita semua untuk meningkatkan kompetensi para pelaku jasa konstuksi. Tanpa sertifikasi, kita tidak dapat bersaing dengan kuat," ujarnya. (asp)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono di Jembatan Sei Alalak, Banjarmasin.

Kata Menteri PUPR Soal Bahaya COVID-19 dan Perubahan Iklim Sama

Menteri Basuki menilai ancaman perubahan iklim dan COVID-19 itu memiliki bukti yang sangat jelas dan nyata tapi banyak yang masih belum percaya.

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2021