Bulan Ini, Google Lunasi Pembayaran Pajak di RI

Logo Google Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Google Asia Pasific Pte Ltd, pada bulan ini menyatakan, akan segera melunasi kewajiban perpajakannya selama beroperasi di Indonesia.

Target Pajak Tercapai, Misbakhun Dorong Pegawai DJP Dapat Intensif

Selama beroperasi di Indonesia, raksasa teknologi asal Amerika Serikat tersebut, memang terbukti telah mangkir atas kewajibannya kepada negara. 

Kepala Kantor Direktorat Jenderal Pajak Jakarta Khusus, Muhammad Haniv mengungkapkan, setelah enam bulan melakukan negosiasi, kedua belah pihak hampir menemui titik temu, atas kewajiban perpajakan yang selama ini tidak disetorkan perusahaan tersebut kepada negara. 

Dirjen Pajak Tetap Usulkan Tarif PPN Naik Jadi 12 Persen, Tapi...

“Penyelesaiannya sudah hampir mencapai titik temu. Pokoknya, kurang dari sebulan ini (Google melunasi kewajibannya). Doain ya,” kata Haniv, Jakarta, Jumat 3 Maret 2017.

Meskipun enggan merinci seberapa besar kewajiban pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan tersebut, Haniv memastikan, setoran yang nantinya diberikan Google akan mencakup pajak terutang, atas kewajiban pajak yang selama ini tidak diberikan kepada otoritas pajak. “Semuanya sudah satu paket. Yang paling penting, bisa selesai,” tuturnya.

Bea Materai jadi Rp10 Ribu, Dirjen Pajak: Sudah 20 Tahun Enggak Naik

Haniv memandang, keinginan Google untuk mematuhi peraturan perpajakan yang berlaku di Indonesia perlu diapresiasi. Apalagi, perusahaan tersebut memang selama ini memang berniat untuk menanamkan modalnya di Indonesia, sebagai bentuk komitmen atas seluruh pelanggannya.

“Google bayar pajak saja sudah bagus di Indonesia. Di negara lain, masih otot-ototan. Di kita sudah begini, bagus,”  kata dia. (asp)

Gedung Direktorat Jenderal Pajak

Target 2021 Tercapai, Dirjen Pajak: Alhamdulillah, Setelah 12 Tahun

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, penerimaan pajak akhirnya mencapai target setelah 12 tahun tidak mencapai target.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2022