30 Orang Kaya yang Mengendalikan Ekonomi Dunia

Bill Gates.
Sumber :
  • BusinessInsider

VIVA.co.id – Sebanyak 30 orang kaya mengendalikan sebagian ekonomi dunia dengan total kekayaan mencapai US$1,23 triliun. Nilai kekayaan tersebut, jika di bandingkan pendapatan dari sejumlah negara, maka sama seperti total Produk Domestik Bruto Spanyol, Meksiko dan Turki.

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Dilansir dari laman Business Insider, pada Senin 6 Maret 2017, Bloomberg Billionaires Index kembali meluncurkan laporan terbarunya pada 1 Maret 2017 dengan menyertakan sebanyak 500 miliuner di seluruh dunia. Survei ini menyediakan jumlah kekayaan orang terkaya dunia baik pria atau wanita secara real time.

Miliuner yang masuk dalam top 30 kali ini memiliki kekayaan minimal sebesar US$22,5 miliar. Dari total itu sebanyak 18 miliuner berasal dari Amerika Serikat dan dua pertiga lainnya berusaha sendiri dengan membangun beberapa perusahaan paling kuat di dunia, termasuk Amazon, Berkshire Hathaway, Google, Facebook dan Oracle.

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

Dari 30 besar itu, ada dua Miliuner yang catatkan kenaikan kekayaan terbesar dalam satu tahun terakhir yaitu Wang Wei pada urutan ke 26 dengan tambahan kekayaan sebesar US$22,7 miliar dari usaha pengiriman paket terbesar di China dan Jeff Bezos pada urutan ketiga dengan kekayaan tambahan sebesar US$21,9 miliar dari usaha Amazon.com.

Namun, dari index yang disampaikan tersebut tidak tercatat laporan kekayaan bersih pendiri dan pemiliki Bloomberg yaitu Michael Bloomberg. Padahal dari sejumlah sumber lain, kekayaan pemilik Bloomberg tersebut dapat mencapai sekitar US$45 miliar. 

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

Adapun tiga orang kaya teratas yang masuk dalam daftar 30 orang terkaya dunia itu, yaitu

1. Bill Gates umur 61 tahun

Warga Negara Amerika Serikat, dengan usaha adalah mengembangkan industri teknologi yaitu Microsoft. Memiliki kekayaan bersih mencapai US$85,2 miliar

Bill Gates mendirikan Microsoft dengan teman masa kecilnya yaitu Paul Allen, dan dengan upaya Go Public maka telah membuat Gates menjadi seorang miliarder. Saat ini, Gates masih duduk di dewan perusahaan tapi tidak aktif lagi di dalam microsoft.

Kekayaan Gates pada tahun lalu tercatat meningkat sebesar US$10,6 miliar. Dan pada 1999, Gates dan Istrinya membuat Gates Foundation dan memberikan sumbangan mencapai US$40 miliar yang bertujuan mengangkat jutaan orang keluar dari kemiskinan, menghilangkan HIV, Malaria dan penyakit menular lainnya di seluruh dunia.

2. Warren Buffett umur 86 tahun

Warga Negara Amerika Serikat, dengan usaha sendiri yaitu perusahaan investasi Berkshire Hathaway. Memiliki kekayaan bersih mencapai US$77,2 miliar.

Warren Buffett memulai karir investasi yang luar biasa di usia muda. Dia pernah ditolak dari Harvard Business School, sehingga Buffett pergi ke Columbia Business School untuk belajar bisnis. Buffett bekerja sebagai analis sekuritas di awal 1950-an sebelum memulai perusahaan investasi sendiri. 

Dia kemudian membeli perusahaan tekstil Berkshire Hathaway pada tahun 1969, mengubahnya menjadi sebuah perusahaan induk yang akan menjadi rumah banyak investasi yang menguntungkan yang membantu membangun keberuntungan besar dan memperoleh julukan "The Oracle of Omaha."

3. Jeff Bezos umur 53 tahun

Warga Negara Amerika Serikat, dengan usaha sendiri membangun perusahaan teknologi yaitu Amazon.com. Memiliki kekayaan bersih hingga mencapai US$73,2 miliar.

Jeff Bezos mendapat keberuntungan besar dengan memperkenalkan e-commerce pada dunia. Setelah menghabiskan waktu di bidang keuangan di Wall Street, Bezos mendirikan Amazon.com di garasi rumahnya di Seattle AS pada tahun 1994 dan mengoperasikan secara eksklusif sebagai pengecer buku online

Perusahaan tersebut kemudian go public tiga tahun kemudian dan terus berkembang memasukkan segala sesuatu dari furnitur, makanan, produk elektronik dalam konsumen Amazon, dan menghasilkan US$136 miliar pendapatan pada tahun 2016.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya