Jokowi Bangga Pemerintahannya Bisa Tindak Illegal Fishing

Presiden Jokowi Buka Rangkaian KTT IORA 2017
Sumber :
  • ANTARA FOTO/IORA SUMMIT 2017/Rosa Panggabean

VIVA.co.id – Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association resmi dibuka, Selasa 7 Maret 2017. Sejumah rumusan yang telah disepakati dalam beberapa pertemuan terakhir, akan diteken oleh beberapa negara anggota IORA.

Anggunnya Gaya 5 Istri Kepala Negara Peserta KTT IORA

Dalam beberapa tahun terakhir, 21 negara anggota IORA telah menyepakati sejumlah kerja sama penting strategis di berbagai bidang. Mulai dari sektor kemaritiman, risiko bencana alam di kawasan Samudera Hindia, sampai dengan teknologi dan hambatan ekonomi.

Presiden Joko Widodo, di depan sejumlah pemimpin negara anggota IORA menyatakan, selama dua tahun menjabat sebagai kepala negara telah berhasil mengimplementasikan perjanjian yang disepakati oleh para negara-negara anggota IORA. Terutama, di sektor kemaritiman.

KTT IORA Momentum Dongkrak Ekspor RI

“Sejak saya menjabat 2014, pemerintah saya menerapkan program penindakan tegas illegal fishing,” ujar Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo.

Selain keberhasilan penangkapan ikan ilegal untuk menjaga kedaulatan nasional, Pemerintah Indonesia pun telah melakukan berbagai langkah konkret dalam penanggulangan bencana yang berpotensi mengganggu kegiatan ekonomi di tiap wilayah.

Berharap pada Jakarta Concord

Misalnya, dari keberhasilan meminimalisir adanya kebakaran lahan gambut yang selalu terjadi hampir tiap tahunnya. Namun, Jokowi memahami bahwa memang sejatinya persoalan lingkungan menjadi sesuatu hal yang mendesak. Budaya ini, katanya, harus diubah.

“Budaya lazim di banyak komunitas kita membakar sampah di lapangan terbuka, menciptakan polusi udara yang sangat buruk. Sampah plastik masuk ke lautan kita setiap tahun dalam jumlah yang dahsyat,” katanya. (one)

21 Negara hadiri peresmina KTT IORA 2017 di JCC, Jakarta.

RI Punya Banyak Produk Menarik untuk Pasar IORA

Negara-negara IORA bisa dorong peningkatan perdagangan RI.

img_title
VIVA.co.id
10 Maret 2017