Juni, Kereta Bandara Soekarno-Hatta Beroperasi

progres pembangunan stasiun kereta bandara Soekarno Hatta
Sumber :
  • VIVA.co.id/Shintaloka Pradita Sicca

VIVA.co.id – Progres pembangunan kereta Bandara Soekarno-Hatta masih terkendala pembebasan lahan di beberapa bidang tanah yang ada di sekitar stasiun Batu Ceper hingga bandara. Kementerian Perhubungan terus mengupayakan permasalahan lahan untuk rel ini dapat segera diputuskan beberapa hari lagi. 

KAI Commuter Sebut Tak Ada Korban Dalam Insiden Kereta Bandara Tabrak Stasiun Bandara Soetta

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengatakan, jika persoalan ini bisa selesai dengan cepat, maka pada Juni atau Agustus tahun ini kereta tersebut bisa mulai beroperasi.

"Harapan bisa selesai semua, berikutnya adalah bagaimana kita bisa menyelesaikan (pembebasan) tanah dari Batu Ceper ke bandara, ada beberapa titik. Dalam beberapa hari ini akan diputuskan, berkaitan dengan tanah. Apabila itu selesai maka bulan Juni akan selesai semua, akan kita opersikan pada Juni atau Agustus," ujarnya di Jakarta, pada Minggu, 12 Maret 2017.

Kereta Bandara Tabrak Batas Aman Stasiun Bandara Soetta Akibatkan Kaca Pecah

Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno mengatakan, saat ini progres pembangunan proyek tersebut telah mencapai 60 persen, dengan bebasnya lahan di sekitar stasiun Batu Ceper, maka penyelesaian proyek ini bisa dikebut.

"Progresnya mungkin sudah 60 persen, yang lambat itu memang adalah jalur tanah setelah Batu Ceper ini. Tapi sudah konsinyasi dengan pengadilan kita tinggal menunggu keputusan pengadilan, 20 Maret sudah selesai," ucap Rini.

Railink Resmi Lepas Operasional KA Bandara Soekarno-Hatta ke Kereta Commuter Indonesia

Meski demikian, Rini juga mengaku optimis jika Juli nanti kereta bandara ini sudah bisa beroperasi secara penuh dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Dia berharap hingga penyelesaian proyek ini tidak ada lagi kendala yang berpotensi menghambat. 

"Operasinya mungkin akhir Juli ya, karena terminal tiga internasional akhir Juli. Bisa mulai beroperasi secara penuh. Kita optimis. Alhamdulillah sekarang enggak ada, kendala sudah bisa diatasi, beberapa bulan lalu ya Bapak Presiden sudah meninjau sendiri terutama lahan ada permasalahan sekarang sudah bisa ditangani," ujarnya. 

Presiden Jokowi pimpin Rapat Kabinet di Istana Merdeka, Jakarta

Ingin Diintegrasikan, Jokowi Minta Transportasi Publik Harus Mudah dan Nyaman

Kata Presiden Jokowi, wiilayah Jakarta sudah memiliki sejumlah moda transportasi publik sehingga perlu dilakukan pengintegrasian agar masyarakat merasa nyaman menggunakan

img_title
VIVA.co.id
27 September 2023