Tugas Khusus Elia Massa Manik Sebagai Dirut Pertamina

Direktur Utama Pertamina Elia Massa Manik (tengah).
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVA.co.id

VIVA.co.id – Elia Massa Manik resmi menjabat sebagai Direktur Utama PT Pertamina pada hari ini, Kamis 16 Maret 2017. Jajaran komisaris dan pejabat Kementerian BUMN hadir dalam acara penetapannya sebagai orang nomor satu di perusahaan migas pelat merah tersebut di Kantor Kementerian BUMN. 

Jadi Top 5 Perusahaan TIC di Asia Pasifik, IDSurvey Tetapkan Visi Top 20 Global

Per tanggal 16 Maret 2017 melalui surat Nomor SK-52/MBU/03/2017 tentang Pengangkatan Anggota Direksi PT Pertamina, memutuskan untuk mengangkat secara resmi Elia Massa Manik sebagai Direktur Utama Pertamina.

Dalam sambutan pertamanya sebagai pimpinan baru Pertamina, Elia mengatakan proses  penunjukannya berlangsung dengan cepat. Ia menceritakan, baru dipanggil ke Kementerian BUMN ditawarkan menjadi Direktur Baru Pertamina pada Jumat lalu.

Kementerian Ajak Pegawai BUMN 'Curhat' Demi Jaga Kesehatan Mental

"Jumat lalu saya dipanggil kementerian, waktu itu bahwa saya memang tidak berjanji. Dan menurut saya prosesnya itu memang berlangsung cukup cepat," kata Elia di kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis 16 Maret 2017.

Sementara itu, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementerian BUMN Gatot Trihargo mengatakan, penetapan Direksi baru ini diharapkan dapat semakin memperkokoh Pertamina dalam menjalankan peran strategisnya di sektor energi nasional. 

Erick Thohir Rombak Jajaran Petinggi Pelindo, Agus Suhartono Masuk Jajaran Komisaris

Dia pun menegaskan ada beberapa tugas khusus yang menjadi indikator kinerja Elia selama menjabat. 

"Antara lain BBM (bahan bakar minyak) satu harga dan rencana proyek investasi kilang dan pengembangan hulu yang bernilai puluhan miliar dolar dalam beberapa tahun ke depan." kata Gatot. 

Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata (kiri) saat menyerahkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham pengangkatan Nawal Nely (kanan) sebagai Komisaris PLN.

Erick Thohir Rombak Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

Erick Thohir Rombak Jajaran Komisaris PLN, Nawal Nely Gantikan Tedi Bharata

img_title
VIVA.co.id
20 Maret 2024