Tax Amnesty Jauh dari Target, DJP Lakukan Ini

SOSIALISASI TERAKHIR TAX AMNESTY
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Tujuh hari jelang berakhirnya fasilitas tax amnesty atau pengampunan pajak, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan bersama Himpunan Bank-bank Negara melakukan sosialisasi untuk mengajak seluruh Wajib Pajak yang belum memanfaatkan program tersebut.

Target Pajak Tercapai, Misbakhun Dorong Pegawai DJP Dapat Intensif

“Kami sekarang melakukan sosialisasi di 15 kota bersama Himbara. Terus dilakukan sampai sekarang,” kata Direktur Pelayanan, Penyuluhan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama, saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat 24 Maret 2017.

Berdasarkan data statistik otoritas pajak, komposisi realisasi surat setoran pajak yang diterima mencapai Rp121 triliun. Rinciannya adalah pembayaran tebusan mencapai Rp108 triliun, pembayaran tunggakan sebesar Rp12 triliun, dan pembayaran bukti permulaan sebesar Rp1,03 triliun.

Dirjen Pajak Tetap Usulkan Tarif PPN Naik Jadi 12 Persen, Tapi...

Merinci lebih jauh, komposisi uang tebusan berdasarkan surat pernyataan harta, senilai Rp107 triliun. Tebusan terbesar, berasal dari WP Orang Pribadi Non-Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang mencapai Rp87,2 triliun. Kemudian, WP Badan non-UMKM sebesar Rp13,1 triliun.

Sementara total tebusan yang berasal dari WP Orang Pribadi dan Badan UMKM, masing-masing sebesar Rp6,72 triliun dan Rp472 miliar.

Bea Materai jadi Rp10 Ribu, Dirjen Pajak: Sudah 20 Tahun Enggak Naik

Dari sisi komposisi harta berdasarkan surat pernyataan harta, senilai Rp4.614 triliun, di mana deklarasi dalam negeri masih menjadi penyumbang terbesar dengan nilai Rp3.445 triliun. Kemudian disusul deklarasi luar negeri sebesar Rp1.024 triliun, dan repatriasi sebesar Rp145 triliun.

Ditjen Pajak berharap, para WP bisa memanfaatkan fasilitas pengampunan pajak, yang akan berakhir pada 31 Maret 2017 mendatang. (one)

Gedung Direktorat Jenderal Pajak

Target 2021 Tercapai, Dirjen Pajak: Alhamdulillah, Setelah 12 Tahun

Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo mengatakan, penerimaan pajak akhirnya mencapai target setelah 12 tahun tidak mencapai target.

img_title
VIVA.co.id
21 Januari 2022