Sky Train Tahap 1 Bandara Soetta Beroperasi Sebelum Lebaran

Skytrain bandara / Ilustrasi.
Sumber :
  • Dokumentasi AP II

VIVA.co.id –  Sky Train atau Automated People Mover System (APMS) – yaitu moda transportasi antarterminal berbasis kereta tanpa pengemudi (driverless) – segera beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta. Pengoperasian dijadwalkan sudah berjalan sebelum Lebaran 2017.

Pengoperasian Skytrain Bandara Soetta Diperpanjang, Intip Jadwalnya

Pada tahap pertama, kereta melayang tanpa pengemudi itu akan menghubungkan terminal 3 dan terminal 2 Bandara Soetta. Direktur Operasional dan Teknik PT Angkasa Pura II, Djoko Murjatmodjo, mengatakan pada tahap pertama yang menghubungkan terminal 3 dan 2 dapat selesai dan digunakan pada masa lebaran 2017.

"Untuk tahap pertama pada lebaran sudah dapat digunakan satu jalur dari terminal 3 ke terminal 2, dan agustus september itu satu gerbong lagi akan terbangun," kata Djoko ditemui di Bandara Soetta, Cengkareng, Tangerang, pada Selasa 28 Maret 2017.

AP II Activates Skytrain Soetta Airport Special for Eid Transport

Sedangkan, untuk tahap kedua, yang menghubungkan keseluruhan rute, mulai dari Terminal 3, Terminal 2, Stasiun Kereta Bandara, dan Terminal 1 akan dapat selesai pada tahun 2018-2019. "Tahap kedua kira-kira 2018-2019 sudah kita bangun, kita sedang bikin kajian," ujar dia.

Djoko mengungkapkan, tarif bagi pengguna jasa bandara menggunakan kereta layang tanpa awak tersebut bebas biaya alias gratis. Setiap dua gerbong kereta, disebutkan mampu menampung penumpang hingga 176 orang.

AP II Aktifkan Skytrain Bandara Soetta Khusus Angkutan Lebaran

"Satu trainset ada dua gerbong, targetnya jarak satu trainset itu, kita target per lima menit," lanjut dia. (ren)

Skytrain di China.

Bikin Kejutan lagi, China Luncurkan Skytrain Pertama dan Saingi Jepang

Skytrain pertama China dapat berjalan maksimal 70 km per jam dan mampu mengangkut sebanyak 200 orang penumpang.

img_title
VIVA.co.id
29 Agustus 2022