Luhut: RI-Prancis Kerja sama Keamanan dan Perdagangan 

Presiden Prancis Francois Hollande disambut Presiden Jokowi di Istana, Jakarta.
Sumber :
  • dok. Setkab

VIVA.co.id – Presiden Prancis, Francois Hollande bertandang ke Istana Merdeka dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada hari ini, untuk membicarakan sejumlah kerja sama dan isu bilateral maupun regional.

Lawatan ke Australia, KSAL Muhammad Ali Hadiri Forum Indo-Pacific Sea Power Conference

Hollande dan delegasinya telah tiba di Jakarta pada Selasa malam, 28 Mret 2017.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, dirinya akan ikut menjamu Presiden Prancis tersebut di Istana Negara. Luhut bergegas dan tak mau berkomentar banyak.

Negara-negara di Dunia Diingatkan Tak Terjerat Utang China Berbalut Kerja Sama

"Sekarang mau pergi nih (ke Istana)," kata Luhut, ditemui di Hotel Sari pan Pacific, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017. 

Luhut pun mengatakan, ia belum bisa membeberkan secara detail apa saja kerja sama yang akan dilakukan dengan Presiden Prancis. Hanya saja, Luhut memperkirakan, akan ada kerja sama di bidang keamanan dan perdagangan.

Indonesia Ajak Vietnam Kembangkan Kendaraan Listrik

"Mungkin rencana kerja sama keamanan, rencana kerja perdagangan juga," tutup Luhut.

Sebelumnya, Direktur Eropa I dari Kementerian Luar Negeri RI, Dino R. Kusnadi mengungkapkan, kunjungan ini dilakukan Hollande, setelah kunjungan terakhir Presiden Prancis ke Indonesia sekitar 30 tahun lalu.

Kehadiran Hollande dalam kunjungannya kali ini, difokuskan unttuk penguatan kerja sama maritim dan ekonomi kreatif. Presiden Hollande didampingi Menteri Pertahanan, Menteri Muda Digital dan Inovasi, beberapa anggota parlemen, serta sekitar 30 pengusaha.

Rombongan ini terbilang cukup besar, karena kolaborasi antara Indonesia dengan Prancis cukup erat di bidang ekonomi maupun politik. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya