PLN dan Prancis Kerja Sama Bangun Pembangkit Listrik EBT

Sumber energi terbarukan.
Sumber :
  • ANTARA

VIVA.co.id – Perusahaan Listrik Negara mulai fokus garap pemanfaatan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Salah satunya dengan penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dengan beberapa perusahaan asal Prancis yang berkomitmen untuk membangun pembangkit listrik berbasis EBT atau renewable energy.

PLN Dapat Komitmen Hibah dari AS untuk Studi Pengembangan Mini-Grid EBT Daerah 3T di Indonesia Timur

Penandatanganan disaksikan oleh Menteri Negara Urusan Industri Digital dan Inovasi Prancis, Christope Sirugue yang dilakukan antara PT PLN dengan Think Smartgrids, PT Akuo Energy Indonesia dan juga Pace Energy Pte. Ltd. Penandatanganan dilakukan di Hotel Mandarin, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017.

Direktur Perencanaan PLN, Nicke Widyawati, mengatakan, penandatanganan ini sebagai bentuk keseriusan PLN untuk peningkatan pemakaian energi baru dan terbarukan. Pada saat ini PLN tengah mengejar target pemanfaatan EBT hingga hingg 23 persen pada tahun 2025.

Jalan Berliku Penerapan Energi Baru Terbarukan

"Seperti yang kita ketahui bahwa potensi energi baru terbarukan di Indonesia sangat besar, ini merupakan salah satu langkah kami untuk terus mengembangkan potensi EBT di tanah air," kata Nicke dalam keterangannya, Jakarta, Rabu 29 Maret 2017.

Selain itu lanjut dia,  pihaknya akan mengembangkan teknologi smart grid untuk meningkatkan penetrasi EBT ke dalam jaringan PLN sekaligus meningkatkan kehandalan sistim kelistrikan.

Cek Fakta: Cak Imin Sebut Target Energi Baru Terbarukan 2025 Meleset dari 23 Persen Jadi 17 Persen

"Sehingga pemanfaatan pembangkit EBT dalam sistim kelistrikan akan lebih optimal", ujarnya

Adapun nota kesepahaman yang ditandatangani dengan perincian sebagai berikut,

1. MoU antara PLN dengan Think Smartgrids Prancis yang merupakan asosisasi tenaga ahli smart grid Perancis. Tujuannya untuk transfer knowledge tentang perencanaan dan implementasi smart grid dalam mengintegrasikan EBT ke sistem existing.

Penandatanganan dilakukan olah Direktur perencanaan PLN Nicke Widyawati dengan Philippe Monloubou (Chairman-Think Smartgrids).

2. MoU antara PLN dengan PT Akuo Energy Indonesia terkait studi kelayakan dan analisa sistem pemakaian tenaga surya dan angin penandatanganan yang dilakukan oleh Nicke Widyawati dan Christophe Moyon (President Director-AKI).

3. MoU antara PT PLN (Persero) dengan Pace Energy Pte. Ltd terkait studi kelayakan pemanfaatan tenaga surya dan angin. Penandatanganan dilakukan oleh Nicke Widyawati dengan  Michael Vawser (Managing Director and CEO-pace). (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya