Kemenhub Bakal Tingkatkan Pelayanan Mudik Gratis

Kesiapan jasa angkutan jelang mudik Lebaran
Sumber :

VIVA.co.id – Dalam upaya memenuhi kebutuhan transportasi di musim mudik Lebaran 2017, pemerintah akan kembali menggelar serangkaian agenda mudik gratis bagi masyarakat.

Lonjakan Kasus COVID-19 Usai Lebaran, Menkes Siapkan Kondisi Terburuk

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengaku, dalam waktu dekat ini pihaknya akan menggelar rapat koordinasi untuk membahas mengenai upaya penyediaan layanan mudik gratis tersebut.

"Mudik gratis akan kita tingkatkan. Minggu depan kita akan rapat khusus bahas soal mudik gratis dan mudik untuk (angkutan) motor," kata Budi Karya di kantor Kemenko Maritim, Jakarta Pusat, Senin 3 April 2017.

Jelang Lebaran, Ini Pesan Gubernur Jabar untuk Pemudik

Budi mengatakan, sejumlah pihak terkait juga akan diajak berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, sebagai bentuk nyata dari upaya pemerintah dalam menyediakan layanan mudik gratis ini.

Dia menyebut, langkah ini merupakan bentuk kewajiban pelayanan publik dari pemerintah, atau diibaratkan seperti program tanggung jawab sosial badan usaha milik negara (BUMN), yang akan di ajak untuk turut serta dalam menyediakannya.

6 Rekomendasi PDPI, Jangan Mudik untuk Tekan Penularan COVID-19

"Pihak yang akan berpartisipasi pastinya (Kementerian) Perhubungan, kemudian pihak-pihak BUMN. Lalu ada juga Pemprov DKI, dan lain sebagainya," kata Budi Karya.

"Kita juga akan intensifkan kapal Roro yang ada dan kita juga akan buat (rute) kapal Jakarta-Semarang dan Jakarta-Banjar, agar bisa mengurangi kemacetan dan angka kecelakaan," ujarnya.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito

Satgas COVID-19: Efek Mudik Lebaran Baru Terlihat 2-3 Minggu Lagi

Efek perkembangan kasus COVID-19 dari libur panjang Idul Fitri dan mudik lebaran baru tampak dua atau tiga minggu kedepan

img_title
VIVA.co.id
18 Mei 2021