BI Yakin Uang Baru Rupiah Sulit Dipalsukan

Peruri tunjukkan fitur pengaman pada uang baru rupiah
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Bank Indonesia mengungkapkan uang rupiah tahun emisi 2016 telah dilengkapi dengan penguatan unsur pengaman untuk menghindari upaya pemalsuan. Dengan penguatan tersebut, BI meyakini uang rupiah yang baru saja diluncurkan pada akhir tahun lalu memiliki ciri-ciri yang mudah dikenali, dan sulit dipalsukan.

Bank Indonesia Proyeksi Dolar AS Bakal Anjlok di Semester II-2024

Hal ini ditegaskan bank sentral. sehubungan dengan informasi yang beredar di masyarakat, tentang adanya pemalsuan uang rupiah tahun emisi 2016. Sampai saat ini, BI mengaku belum menerima adanya pengaduan masyarakat mengenai kabar tersebut.

“BI tidak menerima pengaduan masyarakat yang membawa bukti fisik uang tahun emisi 2016 yang diragukan keasliannya,” jelas Direktur Departemen Komunikasi BI, Arbonas Hutabarat, yang dilansir dari situs resmi BI, Rabu 5 April 2017.

Rupiah Menguat Pagi Ini, tapi Berpotensi Balik Melemah

Salah satu cara mudah yang dapat dilakukan untuk mengetahui keaslian rupiah kertas baru, adalah dengan dilihat, diraba, dan diterawang. Selain itu, metode lain yang bisa digunakan adalah seperti dengan menggunakan sinar UV dan kaca pembesar.

“BI mengimbau kepada seluruh untuk berhati-hati memilah informasi yang beredar mengenai uang rupiah, khususnya yang berpotensi menimbulkan keresahan,” katanya. (ren)
 

Rupiah Dibuka Stagnan di Rp 15.810 per Dolar AS
Ilustrasi rupiah dan dolar AS.

Rupiah Ambruk Pagi ini ke Rp 15.841 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Rabu, 27 Maret 2024, sebesar 48 poin atau 0,31 persen ke Rp 15.841 per dolar AS

img_title
VIVA.co.id
27 Maret 2024