Enam Proyek Hulu Migas Ini Sudah Produksi di Kuartal I 2017

lapangan gas
Sumber :
  • bpmigas.go.id

VIVA.co.id – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi atau SKK Migas mengungkapkan, ada enam proyek hulu minyak dan gas bumi yang telah mulai berproduksi di kuartal I 2017. Namun, masih dalam skala kecil.

Target Investasi Hulu Migas 2023 Tak Capai Target, Kepala SKK Migas Ungkap Kendalanya

Proyek-proyek tersebut antara lain Proyek Ario Damar-Sriwijaya dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) PT Tropik Energi Pandan, Proyek Kepodang Phase II dengan KKKS, Petronas Carigali Muriah Ltd, Proyek Ridho dengan KKKS Odira Energy Karang Agung. Lalu, Proyek Cikarang Tegal Pacing dengan KKKS Pertamina EP,  Proyek PHE 12 dengan KKKS, PT PHE WMO dan CPP 2 oleh PT PHE WMO.

Sekretaris SKK Migas, Budi Agustyono mengatakan, bahwa enam proyek tersebut saat ini masih berada dalam tahap awal onstream (pengaliran produksi) sehingga produksinya masih kecil. Adapun, mulai onstream telah dilakukan Januari sampai Maret.

EMP Temukan 126 Miliar Kaki Kubik Gas di Blok Bentu

“Seiring berjalannya waktu, kita berharap produksinya akan terus meningkat sesuai yang ditargetkan,” ujarnya di Hotel Aston, Anyer, Banten, Jumat 7 April 2017.

Ia menjelaskan, pada Kepodang Phase II tidak akan ada penambahan produksi karena proyek tersebut merupakan modifikasi fasilitas untuk mempertahankan produksi supaya tetap berada pada level saat ini.

Strategi SKK Migas-ExxonMobil Jaga Produksi Minyak di Lapangan Banyu Urip hingga Lampaui Target

Sementara itu, di luar enam proyek tersebut, ada dua proyek lain diharapkan akan segera onstream di bulan April ini, yaitu SKG Musi Timur dan Paku Gajah. Dua proyek yang dioperasikan oleh Pertamina EP ini merupakan proyek gas dengan kapasitas fasilitas produksi sebesar 150 mmscfd untuk SKG Musi Timur dan 45 mmscfd untuk Paku Gajah.

“Dukungan semua pihak sangat diperlukan supaya target onstream bulan April dari dua proyek tersebut tidak meleset.” (mus)

Wilayah Kerja (WK) Migas Rokan. (foto ilustrasi)

Dukung Produksi, 15 Proyek Migas Siap Beroperasi di 2024

SKK Migas mengungkapkan 15 proyek minyak dan gas bumi (migas) akan beroperasi di tahun 2024.

img_title
VIVA.co.id
13 Maret 2024