Mentan Jamin Harga Pangan Stabil saat Ramadhan

Menteri Pertanian Amran Sulaiman
Sumber :

VIVA.co.id – Menteri Pertanian, Amran Sulaiman, menjamin ketersediaan stok pangan di bulan Ramadhan aman dengan harga yang terjamin. Hal ini diungkapkan Amran saat menghadiri penyerahan surat keputusan secara simbolis kepada tenaga harian lepas, tenaga bantu penyuluh pertanian seluruh Indonesia di Kabupaten Semarang.

Mutasi Pejabat Kementan Dipersoalkan

Amran mengatakan, dengan ketersediaan stok yang mencukupi hingga 2019, diharapkan tak ada kenaikan harga yang signifikan pada saat Ramadhan, yang tinggal beberapa bulan lagi.

Amran menambahkan, keberhasilan pertanian Indonesia menghadapi badai el nino, yang melanda sejumlah daerah, membuat stok pangan nasional aman hingga tahun 2019 mendatang. Bahkan untuk stok beras, Indonesia tidak akan membuka keran impor karena stok gabah dan beras mencukupi untuk kebutuhan nasional.

Populasi Sapi Terus Bertambah, RI Belum Bisa Swasembada Daging

Selain menjamin ketersediaan pangan jelang hari raya Idul Fitri mendatang, ia juga akan menindak tegas adanya permainan tengkulak pangan yang membuat harga pangan di Indonesia melambung tinggi.

"Untuk itu saya telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak agar mencegah terjadinya tengkulak pangan ini," kata Amran, di Semarang, Selasa 12 April 2017.

Mentan, Mendag hingga Bulog Kompak Stok Pangan Aman hingga Lebaran

Ia menambahkan, saat ini stok gabah dan beras nasional mencapai lebih dari 2 juta ton, dan ditargetkan hingga akhir tahun akan masuk hingga 2,5 juta ton.

"Bila stok mencapai 3 juta ton dipastikan stok gabah dan beras hingga tahun 2019 akan aman tanpa impor," katanya. (one)

Laporan: TvOne/Aditya Bayu

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya