Emtek dan Anak Perusahaan Alibaba Jalin Kemitraan

Emtek menjelaskan tentang aplikasi BBM
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Tri Haryanto

VIVA.co.id – Perusahaan media, konten, dan bisnis teknologi terbesar di Indonesia, PT Elang Mahkota Teknologi Tbk. (Emtek) mengumumkan kemitraan strategis  dengan  Ant Financial Services Group (Ant Financial), perusahaan penyedia jasa keuangan yang merupakan anak perusahaan raksasa e-commerce China, Alibaba Group,  Rabu, 12 April 2017. 

Pertarungan Bos Alibaba Jack Ma Lawan Para Master Kung Fu

Kedua perusahaan tersebut akan mendirikan usaha patungan, dengan meluncurkan platform elektronik baru untuk jasa pembayaran dan keuangan lainnya. 

Hal itu dilansir Emtek dan Ant Financial dalam siaran pers yang diterima VIVA.co.id, Jumat, 14 April 2017.

Jokowi: Jangan Coba-coba Bikin Alibaba atau Google Tandingan

“Kami sangat bersemangat dalam menjalin kerja sama dengan Ant Financial untuk membawa solusi dan teknologi pembayaran elektronik kelas dunia di Indonesia,” ujar CEO Emtek  Alvin Sariaatmadja.

“Perjanjian ini berisi komitmen jangka panjang yang mengedepankan kelebihan dari masing-masing perusahaan, untuk menyediakan solusi pembayaran yang efisien, aman dan mudah digunakan melalui platform digital yang kami miliki,” Alvin menambahkan. 

Soal Jack Ma Penasehat, RI Jangan Jadi Pasar Produk Impor

Presiden Ant Financial International Douglas Feagin mengemukakan, kemitraan strategis ini mengukuhkan komitmen perusahaan untuk menyasar dan melayani masyarakat yang belum tersentuh bank (unbanked) dan masih kekurangan pelayanan bank (underbanked) di seluruh dunia.

“Kami berharap kerja sama dengan Emtek ini dapat memberikan pengalaman layanan pembayaran elektronik dan layanan keuangan yang inovatif kepada para pengguna di Indonesia,” ujar Douglas. 

Pada tahap awal, platform pembayaran ini akan ada di BBM, aplikasi pesan yang paling banyak digunakan di Indonesia. BBM  merupakan salah satu anak perusahaan Emtek yang memiliki lebih dari 63 juta pengguna aktif bulanan di seluruh Indonesia.

BBM berkembang dari aplikasi pesan sederhana berisi teks dan video menjadi sebuah ekosistem sosial pemersatu layanan chatting, sosial, perdagangan dan jasa, termasuk pembayaran tagihan hingga belanja dan perjalanan. Lantaran itu,  BBM memanfaatkan kesempatan yang terbuka ini untuk menyediakan layanan pembayaran. 

Selain melayani pengguna BBM, kerja sama ini juga akan menawarkan teknologi pembayaran elektronik berbasis telepon seluler,  di antaranya kepada platform e-commerce, over-the-top (OTT) dan layanan online-to-offline (O2O).

Di samping BBM, Emtek juga mengoperasikan sejumlah penerbit online terkemuka termasuk Liputan6.com, Bola.com, Bintang.com, Vidio.com dan Karir.com. Grup perusahaan juga melakukan investasi yang cukup besar di e-commerce melalui Bukalapak.com dan portal perjalanan Reservasi.com.

Sementara Ant Financial yang juga merupakan induk perusahaan Alipay, menyediakan berbagai layanan keuangan digital kepada lebih dari 450 juta pengguna di Tiongkok dan negara lain. Melalui aplikasi unggulan Alipay, pengguna dapat memesan taksi, melakukan reservasi hotel, membeli tiket bioskop, membayar tagihan layanan utilitas, membuat jadwal pertemuan dengan dokter, membeli produk manajemen aset dan mengatur keuangan. (mus) 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya